Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Rujuk Dwi Sariasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Rujuk Dwi Sariasih

Sariasih, Rujuk Dwi (2010) Pengaruh penerapan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kebakaran hutan terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso Kabupaten Malang semester II tahun ajaran 2009/2010 / Rujuk Dwi Sariasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sariasih Rujuk Dwi. 2010. Pengaruh Penerapan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso Kabupaten Malang Semester II Tahun Ajaran 2009/2010 . Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono (II) Drs. H. Parlan M. Si Kata kunci Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme Kompetensi IPA Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP atau MTs merupakan IPA terpadu. Oleh karena itu perlu penerapan pembelajaran menggunakan paket IPA Terpadu. Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme berisi bahan ajar untuk siswa dan panduan guru. Proses pembelajaran Paket IPA Terpadu ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri yang merupakan model pembelajaran berbasis konstruktivisme. Paket pembelajaran ini dikembangkan pada tahun 2009 oleh Cahyono dkk. Paket ini belum teruji secara empirik sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui uji empiriknya. Penelitian ini menggunakan pre test and post test design yaitu memberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal kemudian dilakukan perlakuan dan selanjutnya memberikan tes akhir. Sebelum dilakukan pretes dan postes dilakukan uji instrumen terlebih dahulu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangploso kabupaten Malang dengan teknik cluster random sampling yang mana terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 30 siswa sebagai sampel penelitian. Uji hipotesis menggunakan analisis kovarian tetapi terlebih dahulu harus memenuhi uji prasyarat analisis. Berdasarkan uji hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap kompetensi IPA baik pada prestasi belajar kerja ilmiah maupun sikap ilmiah. Uji lanjut juga membuktikan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol benar-benar berbeda. Kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20206

Actions (login required)

View Item View Item