Rizal, Mochamad Delta Ainur (2022) Pemanfaatan media museum digital tulungagung berbasis android sebagai media belajar sejarah siswa kelas x iis man 1 tulungagung / Mochamad Delta Ainur Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rizal Mochamad Delta Ainur. 2021. Pengembangan Media Museum Digital Tulungagung Berbasis Android Sebagai Media Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS MAN 1 Tulungagung. Skripsi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci Tulungagung Museum Digital Hindu Buddha Media Belajar. Pelajaran sejarah sering kali dikaitkan dengan pelajaran yang membosankan karena metode yang digunakan sudah kuno. Pola belajar yang hanya membaca dan mendengarkan sering menyebabkan siswa jenuh sehingga minat menjadi kurang. Permasalahan yang terjadi disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media untuk penunjang belajar. Meskipun banyaknya tempat yang potensial untuk dijadikan sebagai sarana media penunjang belajar sejarah akan tetapi jika kondisi tidak memungkinkan juga akan menyulitkan siswa itu sendiri terlebih dengan kurangnya sumber yang tersedia salah satunya adalah Museum Daerah Kabupaten Tulungagung. Kurangnya peminat akhirnya memberikan pemikiran peneliti untuk mengembangkan sebuah media yang digunakan untuk memanfaatkan sebuah Museum sebagai sarana media belajar siswa yang mana dimaksudkan untuk dijadikan sumber belajar sejarah melalui peninggalan yang tersimpan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan produk serta pemanfaatan museum sebagai sumber belajar siswa melalui media Museum Digital Tulungagung. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN 1 Tulungagung. Hal ini dimaksudkan juga sebagai ajang pengenalan museum agar dapat dimanfaatkan oleh guru pengajar sebagai media untuk menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar sejarah melalui aplikasi yang peneliti kembangkan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2014) yang telah peneliti modifikasi yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain dan 6) diseminasi. Penelitian tidak sampai melakukan uji coba produk revisi produk dan uji coba pemakaian karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum selesai sehingga penelitian di dalam lingkungan sekolah tidak dapat dilakukan karena proses belajar mengajar dilaksanakan dengan cara daring dari rumah masing-masing. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah berupa lembar validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian dari proses validasi oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 93 % yang artinya materi atau isi konten yang peneliti gunakan sudah sangat valid untuk dimasukkan kedalam produk yang peneliti kembangkan. Pada validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh presentase sebesar 72% yang artinya sudah cukup valid dan layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar sejarah siswa tentang peninggalan Hindu-Buddha yang ada di dalam Museum Daerah Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 02:47 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |