Iswanda, Shania Mauludiya Iswanda (2022) Pengaruh model discovery learning diintegrasikan media edmodo terhadap pemahaman konsep peserta didik mata pelajaran sejarah kelas x sma negeri 1 lawang / Shania Mauludiya Iswanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Iswanda Shania Mauludiya. 2022. Pengaruh Model Discovery Learning Diintegrasikan Media Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kasimanudin Ismain M.Pd. (2) Dra. Yuliati M.Hum. Kata Kunci Model Discovery Learning Media Edmodo Pemahaman Konsep Model discovery learning adalah pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses mencari informasi dalam kerja individu dan kelompok yang mana pada penelitian ini akan dieksperimenkan pada pemahaman konsep peserta didik. Terdapat beberapa alasan antara lain (1) model discovery learning dapat mendukung keterlaksanaan Kurikulum 2013 (K-13) yang menekankan pada pembelajaran peserta didik aktif (2) sintaks model discovery learning dapat mendorong membangun pemahaman konsep peserta didik (3) model discovery learning dapat digunakan pada pembelajaran sejarah. Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan peserta didik dengan mempertimbangkan privasi peserta didik. Guru dan peserta didik dapat berbagi catatan tautan dan dokumen. Penggunaan media edmodo ini akan memudahkan peserta didik untuk belajar kapan saja dan dimana saja karena media edmodo ini dapat diunduh langsung menggunakan handphone. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning diintegrasikan media edmodo terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Metode penelitian menggunakan rancangan Quasi Experimental Design dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Pelaksanaan penelitian menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen berupa 7 butir soal esai yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Instrumen tersebut diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk dapat digunakan dalam pengumpulan data. Data tersebut berupa nilai gain score yang berasal dari selisih nilai pretest dan posttest sehingga dapat dilakukan analisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen dan kontrol adalah 41 94 gt 20 67 dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0 000 lt 0 05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model discovery learning memiliki tingkat pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan paparan hasil uji hipotesis dan nilai gain score dapat disimpulkan bahwa model discovery learning diintegrasikan media edmodo berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang diberikan yaitu bagi guru disarankan untuk menggunakan model discovery learning diintegrasikan media edmodo dengan menyediakan waktu yang cukup dalam pelaksanaan sintaks pembelajaran. Saran lain adalah bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dengan mempersiapkan kumpulan artikel terbaru yang berisi informasi dan permasalahan terkait materi pembelajaran selain itu pemilihan materi juga harus diperhatikan agar lebih mudah diimplementasikan dengan model discovery learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |