Pengembangan bahan ajar sejarah flipbook e-suplemen peran pondok tremas dalam perkembangan islam di pacitan tahun 1900-1955 untuk siswa kelas x asistensi keperawatan 2 smk negeri 2 pacitan / Febri Wiraningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sejarah flipbook e-suplemen peran pondok tremas dalam perkembangan islam di pacitan tahun 1900-1955 untuk siswa kelas x asistensi keperawatan 2 smk negeri 2 pacitan / Febri Wiraningrum

Wiraningrum, Febri Wiraningrum (2022) Pengembangan bahan ajar sejarah flipbook e-suplemen peran pondok tremas dalam perkembangan islam di pacitan tahun 1900-1955 untuk siswa kelas x asistensi keperawatan 2 smk negeri 2 pacitan / Febri Wiraningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari guru sejarah SMKN 2 Pacitan permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran daring yaitu ketersedian bahan ajar dan waktu yang terbatas. Selain itu minimya pengetahuan siswa mengenai pengetahuan sejarah lokal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan bahan ajar e-suplemen yang memuat materi sejarah lokal yaitu Peran Pondok Tremas dalam Perkembangan Islam di Pacitan tahun 1900-1955. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar e-suplemen yang memuat materi sejarah lokal peran Pondok Tremas dalam Perkembangan Islam di Pacitan tahun 1900-1955 serta menguji kelayakan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch yang terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu analysis design development implementation evaluation. Pengembangan bahan ajar e-suplemen ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah memenuhi uji validitas dari ahli materi dan ahli bahan ajar serta uji kelayakan oleh siswa. Dari hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 94% dan validasi dari ahli bahan ajar sebesar 84%. Untuk uji kelayakan pada kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 94% sedangkan untuk uji kelayakan kelompok besar memperoleh persentase sebesar 92 5%. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar E-suplemen dapat dikategorikan sebagai bahan ajar yang praktis dan layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201707

Actions (login required)

View Item View Item