Penerapan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ratih Tri. A - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ratih Tri. A

Tri. A, Ratih (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif jenis jigsaw untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ratih Tri. A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode diskusi yang selama ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 7 Malang kurang efektif. Metode diskusi yang dilakukan membutuhkan waktu lama tetapi hasil yang didapatkan siswa kurang optimal. Hal ini dapat terjadi karena kemampuan komunikasi siswa yang kurang sehingga dalam menyampaikan informasi hasil diskusi kepada teman kurang jelas. Inilah yang membuat teman atau kelompok lain kurang memperhatikan. Mereka tidak jelas menerima informasi atau materi yang disajikan. Padahal menurut Wartono (2003 50) diskusi merupakan suatu kegiatan yang dapat melatih siswa untuk mengemukakan pendapat dan meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Proses diskusi melatih murid bersikap kritis mampu berinteraksi sosial dan dapat berkomunikasi secara langsung. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang dipilih adalah model jigsaw. Pada pembelajaran jenis jigsaw bab tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yang mengajak setiap anggota kelompok menjadi ahli pada satu bagian. Setiap siswa bertanggung jawab untuk mengajar anggota lain dalam kelompoknya tentang hal tersebut sehingga ini menuntut siswa untuk terampil berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Berkenaan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran yang berlangsung maka penelitian ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas ( PTK ) penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Dalam pembelajaran jigsaw ini siswa melakukan empat tahapan yaitu bahan ajar diskusi kelompok ahli diskusi kelompok asal pengetesan dan penghargaan. Pada saat diskusi dilakukan penilaian untuk kemampuan komunikasi siswa dengan rubrik penilaian yang telah disediakan. Melalui pembelajaran model jigsaw kemampuan komunikasi siswa dapat meningkat karena pada pembelajaran model jigsaw ini ada dua kali diskusi yaitu diskusi kelompok ahli dan diskusi kelompok asal. Dalam diskusi kelompok ahli setiap kelompok membahas materi yang berbeda sehingga menuntut siswa dapat mengkomunikasikan informasi yang diperolehnya pada teman satu kelompok asal. Hasil kemampuan komunikasi siswa pada siklus I sebesar 81 60% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83 60%. Selain itu dalam pembelajaran jigsaw ini siswa merasa tidak malu untuk bertanya pada teman apabila mengalami kesulitan sehingga semua siswa dapat memahami materi yang dibahas. Hal ini nampak dari hasil tes siswa pada siklus II lebih baik dibandingkan nilai tes pada siklus I rata rata nilai siklus II adalah 90 dan rata rata nilai siklus I adalah 76 55.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20119

Actions (login required)

View Item View Item