Pengembangan digital modules contextual teaching learning berbasis software 3d pageflip professional pada materi pengolah angka (spreadsheet) kelas x smk / SITI KHUSNUL ROFIAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan digital modules contextual teaching learning berbasis software 3d pageflip professional pada materi pengolah angka (spreadsheet) kelas x smk / SITI KHUSNUL ROFIAH

Rofiah, Siti Khusnul Rofiah (2022) Pengembangan digital modules contextual teaching learning berbasis software 3d pageflip professional pada materi pengolah angka (spreadsheet) kelas x smk / SITI KHUSNUL ROFIAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia dalam pendidikan digunakan sebagai penyaji materi bahan ajar kepada siswa agar lebih visualisasi dan interaktif. Multimedia interaktif memiliki potensi dapat membantu visualisasi materi yang efektif sebagai media pembelajaran karena didukung berbagai fitur seperti tulisan grafik audio gambar animasi dan video. Penggunaan software 3D page flip professional dapat membantu penyampaian materi lebih interaktif mudah dipahami dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam mempelajari mata pelajaran spreadsheet dan membantu guru dalam memberikan penjelasan materi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research And Development (R amp D) dengan output produk berupa modul digital yang memuat seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada mata pelajaran spreadsheet dengan dikaitkan pembelajaran berbasis kontekstual dengan penyajian materi berupa tutorial game drill and practice (latihan soal) dan encyclopedia (buku pintar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian produk oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 96 94% dengan kategori layak. Sedangkan ahli media menunjukkan sebesar 98 57% dengan kategori layak begitu pun pada uji coba pengguna kepada 24 siswa di SMKN 1 Malang diketahui sebesar 94 80% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi media dan uji coba pengguna dapat disimpulkan bahwa modul digital ini layak digunakan sebagai bahan ajar pada mapel spreadsheet. Selain itu juga dilakukan uji efektivitas modul untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul digital dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa 0 00 lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul digital. Adanya perbedaan rata-rata hasil belajar tersebut mengidentifikasikan bahwa modul digital efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200907

Actions (login required)

View Item View Item