Ramadhanti, Mileni Umi Ramadhanti (2022) Pengaruh penerapan pembelajaran biologi berbasis steam dengan model design thinking terhadap intrinsic cognitive load (icl) dan hasil belajar siswa sman 6 malang / Mileni Umi Ramadhanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran STEAM merupakan salah satu pembelajaran yang banyak diterapkan pada abad 21 karena dalam proses pembelajarannya STEAM mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu yang baik untuk meningkatkan hardskill dan softskill siswa dalam menghadapi persaingan global. Banyaknya interaktivitas materi dan disiplin ilmu yang terlibat dalam pembelajaran STEAM dapat memberikan beban kognitif pada siswa yang sering menimbulkan kegagalan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran biologi berbasis STEAM dengan model Design Thinking (DT) terhadap Intrinsic Cognitive Load (ICL) dan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakanrancangan quasi-eksperimen dengan metode Mixed Methods Concurrent Embedded. Subjek adalah siswa-siswi kelas X SMAN 6 Malang yang sedang mengikuti pembelajaran Virus dan Ekosistem yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran STEAM-DT sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data kuantitatif berupa hasil UKBM kuesioner dan tes akan dianalisis menggunakan SPSS sedangkan data kualitatif berupa reflective essay yang dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran STEAM-DT berpengaruh terhadap ICL dan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan mengetahui beban ICL yang dialami siswa saat pembelajaran diharapkan kegiatan pembelajaran bisa lebih optimal dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |