Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI mipa SMAN 4 malang materi sistem imun / Aulya Prasetya Firmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI mipa SMAN 4 malang materi sistem imun / Aulya Prasetya Firmana

Firmana, Aulya Prasetya (2022) Pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI mipa SMAN 4 malang materi sistem imun / Aulya Prasetya Firmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Malang materi sistem imun. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif. Instrumen asesmen formatif berupa refleksi diri. Populasi penelitian adalah peserta didik XI SMAN 4 Malang tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dengan guru pemberian angket (guru dan peserta didik) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji analisis kovarian yakni dengan hasil pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil anakova keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan signifikansi 0 00. Peningkatan kelas eksperimen pada keterampilan berpikir kritis sebesar 34 22% dan hasil belajar kognitif sebesar 44 46%. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada model inkuiri terbimbing berbantuan asesmen formatif dan hasil perhitungan belajar kognitif menunjukkan adanya perbedaan. Saran bagi guru lebih mengembangan IT lebih luas pada proses pembelajaran dan lebih memperhatikan peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2022 04:29
Last Modified: 02 Apr 2024 07:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200802

Actions (login required)

View Item View Item