Masalesi, Akbar Kadir Masalesi (2022) Identifikasi resource dan level pemahaman konsep dinamika partikel pada siswa kelas x sman 1 tikep muna barat sulawesi tenggara / Akbar Kadir Masalesi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kebutuhan pemahaman konsep yang utuh dalam mencegah terjadinya pemahaman yang tidak sempurna masih sangat perlu untuk di prioritaskan dimana masih banyak kesulitan siswa akibat miskonsepsi yang belum diluruskan. Hal tersebut juga terungkap dalam teori resource yang menjalaskan mengenai fenomena pemahaman siswa yang tidak sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika dalam topik hukum Newton. Penelitian dilakukan pada 82 siswa kelas X dengan menggunakan 11 soal pilihan ganda beralasan pilihan jawaban siswa menjadi sumber data kuantitaif dan alasan jawaban siswa menjadi sumber data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik desktiptif. Sementara itu data kualitatif dianalisis menggunakan tahapan analisis Miles and Huberman untuk melihat level pemahaman mahasiswa dan resource yang diaktivasi. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam memahami konsep dinamika partikel masih cenderung rendah. Hal tersebut diindikasi dari rata-rata skor pemahaman konsep dinamika partikel sebesar 37.58 % sehingga resource yang diaktivasi dalam menjawab soal menunjukkan pemahaman siswa mengenai konsep dinamika partikel masih belum lengkap dan menyebabkan siswa tidak dapat menjawab soal dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |