Pengaruh program resitasi multirepresentasi disertai balikan terhadap penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi kinematika dua dimensi / Muhamad Andi Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh program resitasi multirepresentasi disertai balikan terhadap penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi kinematika dua dimensi / Muhamad Andi Fauzi

Fauzi, Muhamad Andi Fauzi (2022) Pengaruh program resitasi multirepresentasi disertai balikan terhadap penguasaan konsep mahasiswa fisika pada materi kinematika dua dimensi / Muhamad Andi Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program resitasi terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika materi kinematika dua dimensi oleh mahasiswa serta untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa setelah diberikan program resitasi pada materi kinematika dua dimensi. Desain penelitian yang digunakan adalah embedded experimental model dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Peningkatan penguasaan konsep mahasiswa setelah menggunakan program resitasi pada materi kinematika dua dimensi dapat diketahui dari selisih skor hasil pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Pretest diberikan kepada mahasiswa setelah menerima materi perkuliahan kinematika dua dimensi. Posttest dikerjakan oleh mahasiswa setelah menggunakan program resitasi multirepresentasi dengan feedback selama 3 pekan. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 1 sebanyak 34 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep mahasiswa secara signifikan dengan nilai dengan . Dampak penggunaan program resitasi multirepresentasi dengan feedback terhadap penguasaan konsep mahasiswa sangat besar yang ditunjukkan dari nilai N-gain sebesar 0 50 dan d-effect size sebesar 1 37. Peningkatan penguasaan konsep terbesar adalah pada konsep Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) dalam menentukan hubungan posisi sudut dengan waktu . Walaupun demikian masih ditemukan mahasiswa yang mengalami kesulitan saat menentukan arah kecepatan sudut pada Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan menentukan letak titik benda yang memiliki kecepatan maksimum dan kecepatan minimum sistem gerak parabola. Penyebab kesulitan yang dialami mahasiswa adalah pengetahuan mahasiswa yang belum sempurna pada konsep yang diujikan serta kurang dalam latihan soal. Kesulitan tersebut dapat diminimalisir dengan sering mengerjakan latihan soal yang bervariasi untuk lebih memperdalam konsep dan menguasai konsep secara sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200735

Actions (login required)

View Item View Item