Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis saintifik pada materi kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar / Algiva Warihaufa Ihza Widyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis saintifik pada materi kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar / Algiva Warihaufa Ihza Widyanto

Widyanto, Algiva Warihaufa Ihza (2022) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis saintifik pada materi kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar / Algiva Warihaufa Ihza Widyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan kurikulum sistem pelaksanaan pembelajaran yang semula menggunakan konsep teacher centered berubah menjadi student centered. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran konsep student centered terdapat beragam pendekatan pembelajaran salah satunya yaitu pendekatan saintifik. Salah satu bahan ajar yang relevan untuk mendukung penerapan pendekatan saintifik dan dapat digunakan dalam pembelajaran konsep student centered adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis saintifik pada materi kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar. Penelitian ini menggunakan model sistem pembelajaran ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli dan validator praktisi untuk mengetahui derajat validitas produk angket respon siswa yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui kepraktisan produk dan nilai hasil belajar siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan soal tes untuk mengetahui keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis saintifik pada materi kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar ini memiliki derajat validitas sangat valid dan tidak revisi menurut validator ahli dan validator praktisi dengan masing-masing persentase 91 6% dan 94 4%. Respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) ini telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase 89 5%. Ketuntasan belajar siswa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini menunjukkan hasil bahwa 83 3% siswa dianggap tuntas belajar dan telah memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 08:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200640

Actions (login required)

View Item View Item