Kritik holistik pada lukisan 'paranoid' karya gatot pujiarto tahun 2021 / Dinda Ayu Tauriska - Repositori Universitas Negeri Malang

Kritik holistik pada lukisan 'paranoid' karya gatot pujiarto tahun 2021 / Dinda Ayu Tauriska

Tauriska, Dinda Ayu Tauriska (2022) Kritik holistik pada lukisan 'paranoid' karya gatot pujiarto tahun 2021 / Dinda Ayu Tauriska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karya seni adalah perwujudan dari nilai seni yang membenda sehingga benda tersebut dapat memunculkan perasaan haru oleh penghayatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latarbelakang berkesenian Gatot Pujiarto nilai-nilai yang terkandung pada karya 'Paranoid' serta mengetahui alasan yang menyebabkan 'Paranoid' dapat memunculkan perasaan tertentu pada penghayat. Peneliti memilih untuk menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan holistik demi mencapai hasil yang semakin konkrit dengan mempertimbangkan ketiga komponen utama karya seni. Yaitu karya seni seniman dan penghayat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Gatot Pujiarto sudah berkecimpung pada bidang seni sejak kecil dan banyak mendapatkan dukungan dari keluarga dan kerabatnya (2) lukisan 'Paranoid' mengandung nilai-nilai sosial karena tema yang dibawa adalah mengenai kondisi masyarakat saat menghadapi pandemi Covid-19 dan (3) setiap komponen pada lukisan 'Paranoid' berperan dalam menimbulkan rasa sesak dan kalut. Diantaranya adalah pilihan warna yang bersaturasi rendah ukuran karya yang cukup besar serta benang dan kain yang berserakan Meskipun karya 'Paranoid rsquo menimbulkan multitafsir pada tiap komponennya akan tetapi secara garis besar karya tersebut mengusung pesan mengenai keadaan sesak kala pandemi Covid-19 berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:29
Last Modified: 04 May 2023 01:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200511

Actions (login required)

View Item View Item