Pengembangan kartu dengan teknologi 3d augmented reality sebagai media visual materi tematik tema menjelajah angkasa luar untuk siswa kelas vi / MOCHAMAD GUSTYAWAN NUR UTOMO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu dengan teknologi 3d augmented reality sebagai media visual materi tematik tema menjelajah angkasa luar untuk siswa kelas vi / MOCHAMAD GUSTYAWAN NUR UTOMO

Utomo, Mochamad Gustyawan Nur Utomo (2022) Pengembangan kartu dengan teknologi 3d augmented reality sebagai media visual materi tematik tema menjelajah angkasa luar untuk siswa kelas vi / MOCHAMAD GUSTYAWAN NUR UTOMO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran digunakan sebagai alat bantu siswa diera teknologi yang berkembang pesat. Hal ini diharapkan mampu diimplementasiskan ketika belajar tematik mengingat materi tematik terdapat materi yang bersifat abstrak dan mengandung banyak narasi selain itu siswa juga cenderung bosan dan jenuh dikarenakan metode pembelajaran yang masih menerapkan metode konvesional (ceramah). Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran dengan teknologi 3D Augmented Reality pada tematik materi menjelejah angkasa luar yang layak serta valid sebagai media visual tematik. Produk yang dikembangkan memiliki rincian produk yaitu konten materi bentuk konten dan pengemasan. Penelitian pengembangan multimedia ini menggunakan aplikasi Software utama Unity dan bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang dikembangkan berdasarkan kriteria isi materi bahasa dan kemenarikan tampilan. Selain itu untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan untuk menunjang pembelajaran di kelas di MI Islamiyah Purwojati. Rancangan penelitian ini meliputi proses pengembangan sistematis sesuai dengan mode pengembangan yang digunakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari Lee amp Owens (2004). Dengan tahapan penelitian (1) Tahap analisis dan penilaian (2) Tahap Desain (3) Tahap Pengembangan. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran ini telah diuji kelayakannya oleh validator dengan jumlah rata ndash rata hasil presentase sebesar 92 9%. Uji Kelayakan oleh ahli media mendapat hasil sebesar 91 7 % dan dinyatakan layak. Uji kelayakan oleh ahli materi mendapat hasil sebesar 95% dan dinyatakan layak. Dan uji kelayakan oleh guru tematik mendapatkan hasil 92% dan dinyatakan layak. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunkana sebagai media pembelajaran dan dimanfaatkan dalam proses pemebelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199616

Actions (login required)

View Item View Item