Hubungan culture shock dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa kelas x smak kolese santo yusup malang / Thadeus Ega Fausta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan culture shock dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa kelas x smak kolese santo yusup malang / Thadeus Ega Fausta

Thadeus Ega Fausta (2021) Hubungan culture shock dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa kelas x smak kolese santo yusup malang / Thadeus Ega Fausta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merantau untuk mendapatkan mut pendidikan yang lebih baik adalah hal umum bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut bahkan mulai dilakukan sejak jenjang SMA tentunya merantau menimbulkan pencampuran budaya bagi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara culture shock dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Instrumen culture shock didasarkan pada teori Colleen Ward sementara instrumen penyesuaian diri didasarkan pada teori Schneiders. Metode penelitian adalah menggunakan deskriptif korelasional dengan teknik sampel menggunakan purposive random sampling dengan melibatkan tujuh kelas. Culture shock yang dialami siswa tergolong tinggi dengan persentase sebesar 70.87% penyesuaian diri juga tergolong tinggi dengan persentase sebesar 67.72% hasil prestasi belajar berdasarkan rata-rata laporan bulanan dan UTS juga tergolong tinggi dengan persentase sebesar 55.91%. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara culture shock dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X secara simultan dengan nilai 0.488 gt 0 05dan nilai F hitung 0.722 lt F tabel 3 07. Kesimpulan dari penelitian terkait culture shock penyesuaian diri dan prestasi belajar adalah semakin tinggi culture shock belum tentu akan menyebabkan penyesuaian diri yang rendah dan prestasi belajar yang rendah pul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 06:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199058

Actions (login required)

View Item View Item