Persepsi siswa terhadap zoom dalam pembelajaran pada pembelajaran sejarah di kelas x smk islam gondanglegi kabupaten malang / Erisa Febriana Choirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap zoom dalam pembelajaran pada pembelajaran sejarah di kelas x smk islam gondanglegi kabupaten malang / Erisa Febriana Choirunnisa

Choirunnisa, Erisa Febriana Choirunnisa (2021) Persepsi siswa terhadap zoom dalam pembelajaran pada pembelajaran sejarah di kelas x smk islam gondanglegi kabupaten malang / Erisa Febriana Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Choirunnisa Erisa Febriana. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Zoom Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMK Islam Gondanglegi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Najib Jauhari S.Pd M.Hum. Kata kunci Persepsi Pembelajaran Online Zoom Pendidikan pada tahun 2020 dilakukan di rumah melalui pembelajaran online untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Pembelajaran online memanfaatkan teknologi multimedia video kelas virtual teks online animasi pesan suara email telepon konferensi dan video streaming online. Pembelajaran online yang digunakan di SMK Islam Gondanglegi adalah Zoom. Zoom merupakan applikasi audio-visual yang berasal dari Amerika Serikat. Setiap pengguna Zoom dapat digunakan sebagai media komunikasi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Zoom mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran. Tujuan kajian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Persepsi Siswa terhadap Applikasi Zoom di kelas X SMK Islam Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan selama penelitian adalah teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles amp Huberman dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian persepsi terhadap applikasi Zoom di Kelas X SMK Islam Gondanglegi diperoleh simpulan hasil penelitian berupa persepsi positif yang terbentuk dari ketertarikan siswa karena takut untuk keluar rumah karena pandemi covid-19 dan siswa merasa aman maupun senang untuk belajar di rumah. Kemudian persepsi netral dimana siswa merasa tidak ada hal berbeda ketika pembelajaran tatap muka atau pembelajaran daring. Serta persepsi negatif di mana siswa selalu melakukan pembelajaran daring secara terus-menerus (monoton) yang membuat siswa merasa bosan. Persepsi positif netral maupun negative dari setiap orang berbeda-beda karena terdapat faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi persepsi masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198882

Actions (login required)

View Item View Item