Peran sanggar ginaris art indonesia malang dalam melestarikan budaya lokal tari di masa pandemi covid 19 / Lahidhan Avan Saka Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran sanggar ginaris art indonesia malang dalam melestarikan budaya lokal tari di masa pandemi covid 19 / Lahidhan Avan Saka Aji

Aji, Lahidhan Avan Saka Aji (2021) Peran sanggar ginaris art indonesia malang dalam melestarikan budaya lokal tari di masa pandemi covid 19 / Lahidhan Avan Saka Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aji Lahidhan Avan Saka. 2021. Peran Sanggar Ginaris Art Indonesia Malang dalam melestarikan budaya lokal tari di masa pandemi COVID 19 Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M.Si (II) Sudirman S.Pd M.H Kata Kunci Budaya Kesenian Pelestarian Budaya Lokal Sanggar COVID 19. Budaya merupakan sebuah sistem yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan manusia. Budaya memiliki unsur salah satunya ialah kesenian. Kesenian sendiri memiliki nilai estetika dan syarat akan nilai nilai budaya lokal disetiap daerah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui (1) program pelestarian sanggar Ginaris Art Indonesia (2) pelaksanaan program pelestarian Sanggar Ginaris Art (3) kendala dalam pelaksanaan program pelestarian oleh Sanggar Ginaris Art Indonesia (4) Upaya yang dilakukan Sanggar Ginaris Art Indonesia dalam pelaksanaan program pelestarian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan yaitu studi kasus. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan observasi langsung ke lapangan dengan narasumber lalu wawancara mendalam serta dokumentasi diposisi riset. Metode analisis yang periset pakai merupakan eksplanasi informasi. Eksplanasi informasi sendiri merupakan strategi analisis yang pembuatan uraian ataupun pembuatan eksplanasi bisa menganalisis informasi riset permasalahan yang bersangkutan yang setelah itu informasi diuji proposi- proposi teoritisnya diperbaiki serta fakta tersebut diteliti sekali lagi dari perspektif baru dalam wujud perulangan ini Hasil dari riset ini merupakan selaku berikut. Awal program yang dibangun sanggar di untuk jadi 2 ialah jangka panjang serta jangka pendek. Pelaksanaan program dinamakan MOPINGPAT. Sanggar membagi kelas menjadi beberapa kelas. Kelas tersebut terdiri dari tari tradisi Jawa Timur tari tradisi Jawa Tengah tari kreasi anak tari kreasi remaja tari Bali teater. kelas seni pertunjukan kelas koreografi tari. Ketiga kendala sanggar dalam pelestarian di masa pandemi (1) penyebaran COVID 19 (2) pembatasan kegiatan (3) Sedikitnya pengajar (4) Kedatangan anggota (5) kebiasaan salam dan penggunan masker saat latihan. Keempat Secara garis besar sanggar Ginaris Art Indonesia melakukan upaya sebagai berikut 1) Ujian Semester (Uji Kopetesi) (2) Pentas Virtual (3) Seminar. Saran kepada Sanggar Ginaris Art Indonesia hasil penelitian ini dapat digunakan menjadi patokan sanggar sendiri maupun sanggar ndash sanggar lain untuk menjaga dan melestarikan nilai budaya lokal dengan kondisi pandemi sekarang. Langkah ndash langkah yang dapat dilakukan bisa dengan melakukan cipta karya yang dipublikasikan melalui sosial media mengadakan kegiatan pementasan dalam sanggar dan sharing ilmu melalu seminar seminar kepelatihan agar kesenian yang berjalan selama pandemi terlihat mati tetap terlihat hidup dan memberikan peluang untuk para penggiat seni dimanapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198663

Actions (login required)

View Item View Item