Identifikasi makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner / ASOPHA UMA SURYANI - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner / ASOPHA UMA SURYANI

Suryani, Asopha Uma Suryani (2021) Identifikasi makanan tradisional sebagai potensi wisata kuliner / ASOPHA UMA SURYANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Tulungagung juga mempunyai beragam jenis makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah. Makanan tradisional dibuat dengan beragam bahan baku lokal. Bahan baku makanan tradisional yang digunakan berupa hasil pertanian peternakan dan perikanan. Proses pengolahan makanan tradisional masih menggunakan teknik dan alat pengolahan tradisional. Makanan tradisional Tulungagung dikenal dengan makanan tradisionalnya antara lain punten pecel ayam lodho sompil sego ampok nasi bantingan jadah bakar dan sebagainya hidangan ini berpotensi sebagai wisata kuliner. Dalam penelitian ini data akan diperoleh disalah satu Kecamatan Kabupaten Tulungagung yaitu Kecamatan Ngunut. Hal ini harus diperhatikan karena memiliki potensi kuliner yang perlu dikembangkan sebagai wisata kuliner di Kecamatan Ngunut dan dapat menjadi peluang usaha serta dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makanan tradisional Tulungagung bahan baku teknik pengolahan alat pengolahan dan penyajian. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber primer yaitu observasi dan wawancaralangsung dengan narasumber serta sumber sekunder melalui dokumen buku dan jurnal. Untuk mengumpulkan sumber tersebut teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dilakukan dengan cara pengumpulan reduksi penyajian data verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian makanan tradisional Tulungagung diklasifikan sebagai (1) makanan pokok (2) lauk pauk (3) sayuran (4) jajanan dan minuman. Teknik pengolahan yang digunakan yaitu dikari direbus digoreng dikukus dan dibakar. Alat pengolahan yang digunakan kompor pawonan kompor gas wajan cobek piring bamboo anyaman dialasi dengan daun pisang. Untuk menghidangkan minuman yang tidak berisi berupa kopi menggunakan cangkir sedangkan untuk minuman berisi diantarnya pleret kolak roti dan disajikan menggunakan mangkuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198467

Actions (login required)

View Item View Item