Modul elektronik mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung pada kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 3 surabaya / MUHAMMAD MAULANA FIRDAUS - Repositori Universitas Negeri Malang

Modul elektronik mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung pada kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 3 surabaya / MUHAMMAD MAULANA FIRDAUS

Firdaus, Muhammad Maulana Firdaus (2021) Modul elektronik mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung pada kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan di smkn 3 surabaya / MUHAMMAD MAULANA FIRDAUS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan kejuruan adalah sekolah menengah yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk berprofesi di sektor-sektor tertentu. Siswa diharapkan mampu memahami mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung Untuk materi utilitas gedung pada kompetensi dasar memahami dan menyajikan spesifikasi instalasi perpipaan tidak dapat dilihat secara langsung di lapangan dikarenakan instalasi perpipaan berada di dalam dinding atau di bawah lantai bangunan. Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMKN 3 Surabaya masih menggunakan buku yang disediakan sekolah. Terkadang buku yang disediakan sekolah juga tidak memenuhi jumlah peserta didik yang ada sehingga sumber belajar tidak tersampaikan dengan maksimal. Dengan kondisi pandemic Coronavirus Disease (COVID -19) yang mengharuskan perubahan belajar dilakukan di rumah atau dilakukan secara daring dari kebiasaan semula secara luring (Surat Edaran KEMENDIKBUD NO. 15 Tahun 2020). Maka menggunakan media pembelajaran yang dapat diakses dari jarak jauh menjadi alternatif pilihan. Agar siswa dapat belajar secara mandiri dengan penggunaan modul pembelajaran elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat modul elektronik yang memenuhi kriteria dan standar sebagai media pembelajaran Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (R amp D) untuk meneliti dan mengembangkan atau merancang sebuah produk yaitu media pembelajaran berbentuk modul. Adapun prosedur penelitian ini mengikuti pada beberapa tahap (Sugiyono 2011 289) (1) Menggali Potensi dan masalah proses dan penggunaan media pembelajaran (2) Pengumpulan data data yang terkait dengan isi materi pembelajaran mata pelajaran yang akan dibuatkan produk modulnya (3) Membuat Desain produknya (4) Validasi desain (5) Revisi desain. Validasi media ini dilaksanakan oleh dua orang ahli media dua orang ahli materi dan uji coba skala kecil dilakukan oleh lima siswa. Hasil penelitian berupa modul yang berbentuk elektronik dengan spesifikasi berisi (1) sampul (2) penulis (3) Kata Pengantar Daftar Isi Materi Referensi (4) latihan soal (5) video. Hasil penilaian oleh ahli media mendapat total persentase sebesar 98 03% dari semua aspek validasi media. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapat total persentase sebesar 93 27% dari semua aspek validasi materi. Hasil penilaian oleh ahli soal mendapat total persentase sebesar 100% dari semua aspek validasi soal. Sedangkan dari hasil uji coba pada siswa mendapat total persentase 93 10% dari semua aspek dalam instrumen respon siswa. Maka modul elektronik dapat dikategorikan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198284

Actions (login required)

View Item View Item