Perbedaan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan model pembelajaran ceramah pada siswa kelas x tkro smk negeri 12 malang / ERI SANTOSO - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan model pembelajaran ceramah pada siswa kelas x tkro smk negeri 12 malang / ERI SANTOSO

Santoso, Eri Santoso (2021) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dan model pembelajaran ceramah pada siswa kelas x tkro smk negeri 12 malang / ERI SANTOSO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari oleh sebab itu manusia berusaha agar bisa mengembangkan bakat dan potensi dirinya baik melalui proses pembelajaran formal maupun belajar mandiri. Mulai dari pendidikan dasar pendidikan menengah dan pendidikan atas hingga perguruan tinggi merupakan pendidikan formal yang terstruktur dan berjenjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan menggunakan model pembelajaran ceramah. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada kompetensi dasar mengklasifikasi jenis-jenis special service tools di SMKN 12 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Rancangan penelitian ini adalah Posttest Control Group Design Only. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Uji T satu arah (one tailed) dengan taraf signifikansi 0 05 untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada kompetensi dasar mengklasifikasi jenis-jenis special service tools siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada siswa yang diajar model pembelajaran ceramah. Hasil penelitian ini didapat hasil Uji T satu arah (one tailed) yang menunjukkan nilai t hitung gt t tabel pada taraf signifikansi 0 05 (3 849 gt 1 667239). Hal dapat diinterpretasikan bahwa hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada kompetensi dasar mengklasifikasi jenis-jenis special service tools siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada siswa yang diajar model pembelajaran ceramah. Hasil uji statistik deskriptif dalam penelitian ini menunjukan model pembelajaran Team Assisted Individualization memperoleh nilai rata-rata 85 06. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model ceramah memperoleh nilai rata-rata 77 37 dan masih terdapat siswa yang nilainya tidak mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198265

Actions (login required)

View Item View Item