Pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) serta pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas xi ips sma negeri 4 malang / Octavia Floryani Olun Hera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) serta pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas xi ips sma negeri 4 malang / Octavia Floryani Olun Hera

Hera, Octavia Floryani Olun Hera (2021) Pengaruh penerapan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) serta pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas xi ips sma negeri 4 malang / Octavia Floryani Olun Hera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer tutoring dan pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 100 sisa yang dibagi menjadi 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data berupa angket respon siswa terhadap metode pembelajaran tutor sebaya dan pemberian reward dan punishment. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t uji f dan uji determinasi dengan bantuan program SPSS. Hasil perhitungan diperoleh nilai F hitung sebesar 285.349 gt f Tabel 3.09 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen. Begitu juga dengan hasil perhitungan uji-t nilai signifikansi kedua variabel bebas lebih besar dari nilai t-hitung (1 98473). Dan variabel yang dominan adalah variabel reward and punishment. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peer tutoring dan pemberian reward dan punishment yang optimal akan meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198184

Actions (login required)

View Item View Item