Falah, Faisal (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PBL pada materi sistem gerak untuk melatih keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Faisal Falah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan abad XXI yang penting untuk dikuasai untuk menjawab tantangan abad XXI yaitu keterampilan berpikir meliputi berpikir kritis pemecahan masalah kreativitas dan metakognitif. Pembelajaran dengan pendekatan STEM mampu melatih kemampuan serta kreativitas siswa dalam menggunakan teknologi untuk memunculkan sebuah inovasi dalam menghadapi persaingan ekonomi global oleh karena itu pendekatan STEM dapat menjadi solusi dalam mengembangkan keterampilan abad XXI di tingkat menengah maupun dasar. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menekankan pada pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran serta keterampilan pemecahan masalah. Proses pemecahan masalah melibatkan terjadinya pertukaran informasi antar siswa sehingga dapat melatih keterampilan berpikir kritis kreatif keterampilan kolaboratif dan keterampilan komunikasi. Maka pendekatan STEM dapat diintegrasikan pada model PBL untuk mengembangkan keterampilan abad XXI siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis STEM berupa silabus RPP UKBM dan instrumen penilaian yang valid dan praktis setelah melalui uji kelayakan dan uji kepraktisan untuk materi Sistem Gerak pada KD 3.5 dan 4.5 kelas XI. Rancangan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analyze Design Develop Implement dan Evaluate dengan kesempatan untuk merevisi produk pengembangan di setiap tahapannya sehingga produk yang dikembangkan valid dan praktis. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli pembelajaran ahli materi dan ahli asesmen dan diuji kepraktisan oleh siswa dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEM sangat valid/layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Hasil validasi silabus oleh ahli pembelajaran dan ahli materi yaitu 99 07% dan 100%. Hasil validasi RPP oleh ahli pembelajaran dan ahli materi yaitu 97 92% dan 100%. Hasil validasi UKBM oleh ahli pembelajaran dan ahli materi yaitu 100% dan 100%. Hasil validasi instrumen penilaian oleh ahli assesmen meliputi validitas konstruk isi dan bahasa yaitu 97 31% 97 43% dan 100%. Uji kepraktisan dilakukan dengan memberikan angket kepraktisan. Hasil uji kepraktisan silabus RPP UKBM dan instrumen penilaian oleh praktisi pendidikan yaitu 100% 100% 100% dan 100% dengan kriteria sangat praktis. Uji kepraktisan UKBM oleh siswa pada tahap field trial sebesar 82 8% dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198099 |
Actions (login required)
View Item |