Sari, Vani Rahmah (2021) Penerapan model learning cycle 5-e untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa sma pada topik elastisitas dan hukum hooke / Vani Rahmah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satun tujuan pembelajaran fisika adalah siswa mampu menguasai konsep sehingga dapat menerapkannya untuk menyelesaikan permasalahan fisika. Melalui penelitian ini telah diterapkan sekuensi pembelajaran learning cycle 5-E pada topik elastisitas dan hukum Hooke untuk siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa. Subyek penelitian adalah siswa satu kelas XI MIPA di salah satu SMA swasta di Kabupaten Gresik yang berjumlah 21 orang siswa. Dengan menggunakan one group pretest-posttest design penguasaan konsep siswa diukur dengan n-gain dari pretest ke posttest berdasarkan hasil tes penguasaan konsep elastisitas yang terdiri atas 10 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0 65. Kekuatan dampak pembelajaran diukur dengan menghitung nilai d-effect size. Analisa data menggunakan paired sample t-test menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran yaitu terdapat peningkatan skor pretest ke posttest dari 39 5 ke 71 4 dimana perbedaan tersebut signifikan secara statistik (t 36 3 db 20 p 0 000) dan didapatkan n-gain sebesar 0 55 serta d-effect size sebesar 7 9. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5-E dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa pada topik elastisitas dan hukum Hooke. Disisi lain peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru sebaiknya dapat memfasilitasi siswa dan membuat siswa terlibat aktif pada setiap fase pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |