Sulistiana (2011) Pelaksnaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada kelas V-A semester genap tahun ajaran 2010/2011 di SDN Kesatrian I Malang / Sulistiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Pembelajaran TIK Pembelajaran di SDN kesatrian I Malang telah menerapkan kurikulum TIK tahun 2004. Yang berarti SDN kesatrian I telah mengajarkan mata pelajaran TIK. Pelaksanaan pembelajaran TIK berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan silabus. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik maka pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Pelaksanaan pembelajaran perlu adanya evaluasi untuk mengetahui adanya perubahan dan memberikan alternatif pertimbangan dalam suatu program. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada kelas V-A Semester Genap Tahun Ajaran 2010-2011 di SDN Kesatrian 1 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi Performance Test dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran TIK pada kelas 5-A semester genap tahun ajaran 2010-2011 di SDN Kesatrian 1 Malang pelaksanaan pembelajaran TIK guru telah mengacu dan menggunakan silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajarn (RPP) yang telah dibuat dalam evaluasi proses belajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran dari beberapa pertemuan aspek-aspek yang diamati nampak sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat dan evaluasi hasil belajar dari hasil observasi performance test siswa dari beberapa pertemuan sebagian besar siswa menguasai aspek-aspek sesuai dengan lembar paktek. Namun pelaksanaanya kurang maksimal karena keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana prasarana seperti komputer yang disediakan oleh pihak sekolah kurang memenuhi. Bertolak dari hal tersebut disarankan kepada kepala SDN Kesatrian I Malang untuk lebih memperhatikan waktu dalam menyampaikan materi mata pelajaran TIK serta media pembelajaran dikelas maupun di ruang praktek. Untuk guru TIK lebih memperhatikan lagi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198 |
Actions (login required)
View Item |