Pembelajaran baca al-qur’an melalui kegiatan bimbingan baca al-qur’an (bbq) menggunakan buku pedoman praktis BBQ di Universitas Negeri Malang / Siti Lailatul Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran baca al-qur’an melalui kegiatan bimbingan baca al-qur’an (bbq) menggunakan buku pedoman praktis BBQ di Universitas Negeri Malang / Siti Lailatul Isnaini

Isnaini, Siti Lailatul (2021) Pembelajaran baca al-qur’an melalui kegiatan bimbingan baca al-qur’an (bbq) menggunakan buku pedoman praktis BBQ di Universitas Negeri Malang / Siti Lailatul Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca al-Qur rsquo an memiliki banyak keutamaan sehingga perlu dipelajari sejak usia dini dan tetap diasah hingga usia dewasa pada tingkat Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi memiliki kesempatan untuk berperan menyeimbangkan kemampuan akademik dan agama. Universitas Negeri Malang yang merupakan perguruan tinggi umum memiliki nuansa pembelajaran baca al-Qur rsquo an sangat kental dan telah memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya. Oleh karena itu penulis meneliti pembelajaran baca al-Qur rsquo an pada kegiatan BBQ dengan menggunakan buku Pedoman Praktis BBQ yang dilakukan di Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran baca al-Qur rsquo an melalui kegiatan BBQ menggunakan buku Pedoman Praktis BBQ di Universitas Negeri Malang. Adapun perincian dari tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Selain itu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran serta korelasi kemampuan bahasa Arab terhadap kemampuan membaca al-Qur rsquo an mahasiswa. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan exploratory sequential design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Teknik dan Sastra yang memprogram matakuliah PAI pada Semester Gasal 2019/2020 yang berjumlah 2262 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan studi dokumen. Data hasil penelitian meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta BBQ. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas uji wilcoxon signed ranks uji kekuatan dampak dengan menggunakan d-effect size dan perhitungan nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan secara terpusat dengan sangat mendetail dan menyesuaikan dengan kurikulum BBQ yang telah dibuat oleh tim ahli BBQ. Perlu memperbaiki sistem rekrutmen mentor serta plotting peserta dan mentor agar jumlah peserta tidak terlalu banyak dan seimbang pada setiap kelasnya. Pelaksanaan pembelajaran menyesuaikan dengan penggolongan tingkat kelas dan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat pada RPP yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan inti dan penutup. Penggunaan buku belum maksimal karena terbatasnya alokasi waktu. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara tashih bacaan dan posttest peserta serta evaluasi dan refleksi bersama elemen BBQ dan LP3 UM. Efektivitas pembelajaran diketahui dari peningkatan nilai rata-rata peserta saat pretest sebesar 66.52 dan pada saat posttest menjadi 77.51 serta nilai d-effect size sebesar 0 76 yang tergolong tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran baca al-Qur rsquo an melalui kegiatan BBQ efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur rsquo an. Kemampuan bahasa Arab memiliki korelasi yang signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur rsquo an. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai N-gain K-PBA sebesar 0 42 termasuk kategori medium bawah sedangkan nilai N-gain KN-PBA sebesar 0 22 termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197872

Actions (login required)

View Item View Item