Argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas xii sma negeri 2 malang / Devi Dwi Pindiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas xii sma negeri 2 malang / Devi Dwi Pindiani

Pindiani, Devi Dwi Pindiani (2021) Argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas xii sma negeri 2 malang / Devi Dwi Pindiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pentingnya pemahaman terhadap isi dari sajian atas karangan siswa dan pemahaman pengetahuan terhadap argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa. Penelitian ini juga penting sebagai dasar untuk pengembangan silabus dan bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang (2) tipe argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang dan (3) bentuk argumentasi dalam teks argumentatif karangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Orientasi teoretis penelitian ini adalah analisis wacana. Data penelitian ini berupa kalimat dan susunan kalimat yang berkaitan dengan argumentasi khususnya struktur tipe dan bentuk argumentasi. Sumber data adalah teks argumentatif karangan siswa kelas XII SMA Negeri 2 Malang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilaksanakan tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan berikut ini. Pertama struktur argumentasi yang ditemukan dalam teks argumentatif karangan siswa berdasarkan kelengkapan struktur argumentasi karangan siswa berstruktur lengkap dan berstruktur tidak lengkap sedangkan struktur argumentasi berdasarkan keruntutannya struktur argumentasi karangan siswa berstruktur urut dan berstruktur acak. Kedua berdasarkan temanya tipe argumentasi karangan siswa bertema bencana alam tema hukum tema kebakaran tema ekonomi tema kesehatan tema kriminal tema kenakalan remaja tema pelanggaran norma tema kerusuhan dan tema pengaruh globalisasi sedangkan berdasarkan penyusunannya tipe argumentasi karangan siswa berwujud kesaksian atau otoritas perbandingan definisi dan genus sebab dan akibat persamaan pertentangan dan campuran. Ketiga berdasarkan penarikan kesimpulannya bentuk argumentasi karangan siswa adalah deduktif induktif dan campuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197650

Actions (login required)

View Item View Item