Widodo, Bagas Setyo Ari Widodo (2021) Pembelajaran desain grafis menggunakan aplikasi coreldraw untuk meningkatkan keterampilan vector siswa tunarungu di slb negeri pandaan / Bagas Setyo Ari Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widodo Bagas Setyo Ari. 2021. Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Aplikasi CorelDraw untuk Meningkatkan Keterampilan Vector Siswa Tunarungu di SLB Negeri Pandaan. Skripsi. Jurusuan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes. (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Desain Grafis Vector Coreldraw Tunarungu Desain grafis adalah keilmuan yang mempelajari media untuk menyampaikan ide konsep informasi dan ajakan kepada setiap orang dengam menggunakan bahasa visual.CorelDraw merupakan program pengolah desain grafis yang menghasilkan berbagai bentuk desain yang inovatif dan ekspresif. Anak tunarungu adalah individu visual. Keterampilam bersifat visual memudahkan anak dalam mengingat dan memahami tak terkecuali keterampilan dengan menggunakan komputer. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan penerapan keterampilan desain grafis diSLB Pandaan sebelum pemberian keterampilan desain vector dalam mengoperasikan aplikasi CorelDraw (2) Mendeskripsikan penerapan keterampilan desain grafis di SLB Pandaan sesudah pemberian keterampilan desain vector dalam mengoperasikan aplikasi CorelDraw (3) Mendeskripsikan pengaruh keterampilan desain vector dalam meningkatkan minat siswa club desain (tunarungu) di SLB Pandaan. Penelitian yang diterapkan penelitian eksperimen Rancangan penelitian one group pretest-posttest design (pretest-posttest kelompok tunggal). Subjek penelitian ini merupakan klub desain grafis siswa tunarungu yang berjumlah 5 orang siswa di SLB Negeri Pandaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan uji ranking bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian membuktikan terdapat perbedaan hasil pelatihan keterampilan desain vector siswa klub desain grafis tunarungu. Dari 5 siswa didapatkan nilai rata-rata pretest 68.4 dan nilai rata-rata posttest lebih tinggi yaitu 81 13. Berdasarkan perhitungan uji Wilcoxon dengan n 5 pada taraf signifikan 0 05 didapat Ttabel 1 maka Thitung 0 lt Ttabel 1 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan desain vector siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan keterampilan desain grafis diberikan saran untuk lebih sering melakukan pelatihan keterampilan desain vector karena sangat bermanfaat bagi siswa dan dapat menarik minat siswa dalam desain grafis dikarenakan desain vector lebih luas dan tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |