Dewi, Salfa Maulia Dewi (2021) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran pada materi sumber daya alam menggunakan aplikasi kahoot di kelas iv sds wahidiyah sendang tulungagung / Salfa Maulia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot dilaksanakan di kelas IV SDS Wahidiyah Sendang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa terdapat beberapa kendala yang dirasakan. Beberapa siswa tidak mengerjakan evaluasi pembelajaran karena alat evaluasi yang digunakan belum memanfaatkan teknologi. Jika siswa mengerjakan soal evaluasi guru tidak tahu apakah siswa mengerjakannya sendiri atau orang tuanya yang mengerjakan. Sehingga dimasa pandemi Covid-19 ini dibutuhkan alat evaluasi dalam pembelajaran daring yang sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi kahoot. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot di kelas IV yang valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna serta menarik menurut siswa. . Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu analysis design development imlpementation evaluation. Materi yang digunakan adalah materi sumber daya alam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Nyawangan berjumlah 4 anak sebagai subjek uji coba skala kecil dan siswa kelas IV SDS Wahidiyah berjumlah 11 anak sebagai sunjek uji coba skala besar. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli materi validator ahli media dan pengguna (guru) serta angket kemenarikan yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan produk pada validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 91 7 % dengan kategori sangat valid validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 90 % dengan kategori sangat valid dan validasi pengguna (guru) memperoleh persentase sebesar 91 7 % dengan kategori sangat valid. Sedangkan kemenarikan produk diperoleh berdasarkan uji coba produk skala besar dengan memperoleh persentase sebesar 98 2 % dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot yang dikembangkan sudah valid dan menarik sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran kepada siswa. Untuk penggunaan alat evaluasi pembelajaran aplikasi kahoot disarankan menggunakan internet yang stabil dan perangkat yang memadai serta mempersiapkan siswa dengan sebaik mungkin supaya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197306 |
Actions (login required)
View Item |