Pengembangan video pembelajaran lagu dolanan giat nuswantara pada ekstrakurikuler karawitan sdn torongrejo 03 kota batu / Muhammad Aviv Farihin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran lagu dolanan giat nuswantara pada ekstrakurikuler karawitan sdn torongrejo 03 kota batu / Muhammad Aviv Farihin

Farihin, Muhammad Aviv Farihin (2021) Pengembangan video pembelajaran lagu dolanan giat nuswantara pada ekstrakurikuler karawitan sdn torongrejo 03 kota batu / Muhammad Aviv Farihin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan lembaga terdepan dalam melestarikan kebudayaan Indonesia agar generasi muda tidak melupakan budaya negara sendiri. Salah satu cara yang dilakukan sekolah untuk menjaga kebudayaan Indonesia dan memberikan kesempatan peserta didik secara langsung melakukan salah satu budaya Indonesia adalah diadakannya kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul). Dalam kegiatan ekskul karawitan peserta didik diberi kesempatan untuk lebih mengenal apa itu karawitan dan bagaimana cara memainkan alat musik gamelan jawa dalam karawitan. Sehingga melalui program tersebut peserta didik dapat turut serta dalam melestarikan budaya kearifan lokal. Dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan selain penggunaan media masalah lain yang dialami adalah kemampuan mengingat siswa dalam menghafal notasi pada wilahan gamelan karena sebagian besar peserta didik tingkat dasar baru mengenal karawitan saat mereka mengikuti ekskul karawitan tersebut dan masih membutuhkan penyesuaian diri dengan seni karawitan. Penelitian ini bertujuan untuk memnghasilkan media video lagu dolanan yang dapat menjadi solusi alternatif dalam mengajarkan budaya karawitan kepada peserta didik dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Khususnya pada cara menabuh wilahan gamelan jawa sesuai notasi atau tangga nadanya. Serta bertujuan untuk menghasilkan produk media video lagu dolanan anak yang dapat membantu untuk memudahkan menabuh dan mempercepat menghafal notasi wilahan bagi peserta didik khususnya pada tingkat dasar. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dan uji coba media video lagu dolanan menunjukan dari hasil uji validitas oleh ahli media memperoleh nilai persentase 92 5% yang termasuk kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh nilai persentase 97 5% yang termasuk kategori sangat valid serta hasil uji kepraktisan oleh pengguna secara keseluruhan memperoleh nilai persentase 95% yang termasuk kategori sangat valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan peneliti termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197298

Actions (login required)

View Item View Item