Hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorder saat pembelajaran daring pada mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan dua ribu sembilan belas Universitas Negeri Malang / Ananda Anisafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorder saat pembelajaran daring pada mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan dua ribu sembilan belas Universitas Negeri Malang / Ananda Anisafitri

Anisafitri, Ananda (2021) Hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorder saat pembelajaran daring pada mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan dua ribu sembilan belas Universitas Negeri Malang / Ananda Anisafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorder pada mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2019 di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah lima puluh mahasiswa aktif jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2019 dengan teknik purposive sampling. Instrumen self kontrol diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment terdiri dari lima item valid dan untuk instrumen internet addiction disorder terdapat sembilan item valid dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha dengan hasil delapan ratus enam puluh enam interval indeks reliabilitas sangat tinggi. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dengan program SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil ada hubungan positif antara self kontrol dengan internet addiction disorder pada mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2019 Universitas Negeri Malang ditunjukkan dengan tingkat self kontrol tinggi sebesar delapan puluh dua persen dan delapan belas persen sedang dan tingkat internet addiction disorder masuk pada kategori tinggi sebesar empat puluh dua persen dan lima puluh delapan persen sedang. Hal ini membuktikan bahwa walaupun mahasiswa memiliki tingkat kecanduan internet yang tinggi mereka tetap bisa mengontrol perilaku dan memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga menjadikan mereka sebagai mahasiswa yang kreatif dan memiliki keinginan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari internet sehingga mereka mudah dalam beradaptasi suasana belajar daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 04:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196925

Actions (login required)

View Item View Item