Studi Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa S1 Prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Dalam Mengerjakan Skripsi / Siti 'Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa S1 Prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Dalam Mengerjakan Skripsi / Siti 'Aisyah

Aisyah, Siti (2021) Studi Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa S1 Prodi Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Dalam Mengerjakan Skripsi / Siti 'Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan sebuah perilaku menunda-nunda mengerjakan tugas dibidang akademik. Kebiasaan ini sering dilakukan semua orang tanpa terkecuali mahasiswa. Dalam masa-masa kuliah mahasiswa sering dihadapkan dengan berbagai masalah seperti tuntutan dan berbagai pengambilan keputusan. Mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan studinya dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Ketatnya persaingan mencapai prestasi membuat tekanan tersendiri untuk mahasiswa. Disisi lain mahasiswa ingin lulus dengan tepat waktu dan memiliki prestasi yang baik dimasa kuliah. Namun disisi lain masih dihadapkan dengan permasalahan interpersonal baik dengan keluarga atau pertemanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik dan mengetahui penyebab dari prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2016 dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa teknologi pendidikan. sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala prokrastinasi akademik. Dari hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa skor empirik yang lebih kecil dari skor mean teoritik. Hal itu menunjukkan bahwa subjek penelitian data lebih tinggi dari nilai rata-rata teoritik yang berarti subjek penelitian memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 65 dari 95 mahasiswa Teknologi pendidikan angkatan 2016 jika dipersentasekan 68 42% dari jumlah keseluruhan mahasiswa menyatakan bahwa mahasiswa berada dalam golongan tinggi dalam perilaku prokrastinasi akademik dan juga membuktikan ada tidaknya perbedaan tindakan prokrastinasi akademik berdasarkan jenis kelamin. Hasil penelitian gambaran prokrastinasi akademik mahasiswa Teknologi pendidikan juga didukung dengan perhitungan analisis deskriptif mengenai perbandingan empat perspektif prokrastinasi akademik yang menjadi tolak ukur adanya perilaku prorastinasi atua penundaan akademik yang seluruhnya dinyatakan tinggi dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196923

Actions (login required)

View Item View Item