Penggunaan sandi dalam perang: perjuangan gerilya mobile batalyon i di malang tahun 1945-1949 / DYAH AYU PUTRI PERTIWI - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan sandi dalam perang: perjuangan gerilya mobile batalyon i di malang tahun 1945-1949 / DYAH AYU PUTRI PERTIWI

Pertiwi, Dyah Ayu Putri Pertiwi (2021) Penggunaan sandi dalam perang: perjuangan gerilya mobile batalyon i di malang tahun 1945-1949 / DYAH AYU PUTRI PERTIWI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedatangan Belanda dengan tujuan untuk kembali berkuasa membawa kesengsaraan bagi Republik Indonesia. Terlebih dengan adanya perang sebagai akibat dari Agresi Militer Belanda I dan II. Bahkan Belanda menunjukkan keseriusannya untuk menguasai Republik Indonesia dengan memperkuat kemampuannya dalam mengelola informasi. Sebagai wujudnya adalah pembentukan NEFIS. Kemampuan Belanda dalam menghimpun berbagai informasi juga persandian semakin membuat Republik Indonesia berada dalam keadaan sulit. Ditambah dengan adanya Garis Demarkasi dan penyerangan bertubi-tubi dari pihak Belanda mengharuskan Tentara RI mundur dari kedudukannya yang kini menjadi kekuasaan Belanda ke daerah-daerah kekuasaan RI. Hal itu dialami pula oleh Mobile Batalyon I. Keadaan yang mengharuskan melakukan Wingate Action ditempuh dengan keberhasilan menyusup kembali ke daerah musuh. Bukan hal mudah bahkan ada harga yang harus dibayar. Kesulitan bertukar informasi manakala berada dalam kelompok masyarakat yang memihak musuh harus dilalui beberapa upaya dilakukan untuk menjaga informasi dan agar tetap terhubung dengan pasukan dari Kompi lain juga dengan pemerintahan pusat. Sekali lagi peran masyarakat menunjukkan betapa gerilya sepenuhnya berada dalam haribaan rakyat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan lima tahapan yakni pemilihan topik heuristik kritik interpretasi dan historiografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196547

Actions (login required)

View Item View Item