Wicaksana, Endar Chandra (2020) Pengembangan game edukasi berbentuk visual novel pada mata pelajaran pemrograman dasar pada kelas X SMK / Endar Chandra Wicaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wicaksana Endar Chandra. 2020. Pengembangan Game Edukasi Berbentuk Visual Novel pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Pada Kelas X SMK. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Harits Ar Rosyid S.T. M.T. Ph.D. Pembimbing (II) Utomo Pujianto S. Kom. M. Kom. Kata Kunci Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Pemrograman Dasar Media pembelajaran yang umum digunakan saat ini antara lain adalah file berupa power point file PDF yang mengacu kepada BSE (Buku Sarana Elektrionik) yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya. Proses belajar mengajar tradisional menggunakan media pembelajaran kontekstual berupa BSE secara terus-menerus membuat minat belajar peserta didik menurun. Siswa SMK dengan keahlian komputer atau siswa yang mengambil program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika dituntut memiliki keahlian dasar komputasi yaitu pemrograman dasar. Dengan media pembelajaran yang terbatas pada BSE pembelajaran yang berlangsung tidaklah maksimal. Hal ini dikarenakan penggunaan BSE pada pembelajaran kurang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi tahun 2017 yang mengacu kepada mengasah kemampuan siswa. Oleh karena itu untuk membantu proses belajar mengajar siswa diperlukan suatu media pembelajaran berbentuk game edukasi berbasis mobile yang dapat digunakan siswa kelas X SMK di sekolah maupun di rumah. Visual Novel merupakan salah satu genre game yang berfokus pada cerita dan interaksi di dalam game antara NPC (Non-Playable Character) dengan pemain. Interaksi tersebut berupa dialog percakapan dan interaksi lainnya seperti suara atau inputan pilihan dari pemain. Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) mengembangkan media game edukasi bergenre atau berbentu Visual Novel sebagai sebuah media alternatif bagi siswa kelas X SMK untuk membantu mereka dalam memahami materi pemrograman dasar dan (2) mengetahui kelayakan dari media game edukasi bergenre Visual Novel sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang dikemukakan oleh Dick and Carey (1996). Tahap penelitian dan pengembangan yang dilakukan antara lain (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluations. Pengembangan media pembelajaran ini diharapkan mampu membantu peserta didik dalam mempelajari materi dan dapat pula menjadi sebuah media pembelajaran alternatif dan interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK. Hasil Validasi ahli media yang diperoleh yaitu 81.47% untuk uji validitas dari ahli materi 87.86% untuk uji validitas dari ahli media 81 22% untuk uji coba pada pengguna atau siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mendapatkan respon yang baik dari ahli dan siswa. Media tersebut dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran pemrograman dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196410 |
Actions (login required)
View Item |