Rozy, Karima Hamida Ar Rozy (2021) Aplikasi terapi untuk anak autis dengan menggunakan frekuensi musik dan visual warna terhubung perangkat mobile / Karima Hamida Ar Rozy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Autisme merupakan suatu gangguan pada anak yang kompleks dan berat serta dapat mengganggu kemampuan berkomunikasi hubungan dengan orang lain dan sulit dalam menyampaikan keinginan maupun mengungkapkan ekspresi. Untuk itu dibutuhkan suatu metode yang dapat membangun kondisi anak penyandang autisme menjadi lebih baik. Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani terapi secara rutin dan terpadu. Contoh terapi yang dapat dilakukan adalah kombinasi terapi musik dan terapi warna. Namun pengaplikasian terapi ini untuk penderita autisme pada saat ini masih menggunakan alat-alat secara terpisah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah membuat suatu alat terapi yang compact sehingga kombinasi terapi musik dan warna dapat dilakukan secara bersama. Alat terapi pada penelitian ini di desain dengan ukuran yang mudah dibawa (compact) sehingga memiliki mobilitas yang mudah. Alat ini menggunakan Arduino Uno Line In dan modul MP3 YX5300 untuk mendapatkan data sinyal musik. Arduino Uno merupakan pemroses utama untuk mengubah frekuensi musik menjadi warna (nyala lampu LED WS2812) menggunakan metode Fast Fourier Transform. Line In berfungsi untuk mendapat data sinyal musik dari instrumen keyboard Casio CT-X700. Modul MP3 YX5300 berfungsi sebagai input musik pada SD Card. Terapi musik pada alat ini menggunakan lagu instrumental anak-anak yang diperdengarkan melalui output speaker mini 3 watt 4 ohm. Sementara terapi warna pada alat ini menggunakan lampu LED WS2812. Selain itu alat ini juga dapat dikendalikan menggunakan smartphone pada jaringan lokal dengan menggunakan unit proses ESP8266. Hasil pengujian frekuensi per nada pada input Line In mendapat akurasi 80% dan pada input MP3 memiliki akurasi 80% dimana Oktaf 6 tidak dapat terbaca pada kedua pengujian. Warna yang ditampilkan oleh LED WS2812 sesuai dengan nada yang dimainkan. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan 2 sampel lagu yaitu lagu Cicak Cicak di Dinding dan lagu Balonku. Dari kedua lagu tersebut nada E tidak dapat terbaca dengan baik. Setelah diamati jarak nada E dengan F memiliki selisih yang kecil sehingga threshold yang digunakan harus diperkecil. Dapat disimpulkan bahwa sistem dan metode yang digunakan sudah cukup sesuai dan dapat digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk terapi pada anak penderita autisme.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/196383 |
Actions (login required)
View Item |