Analisis keausan pahat menggunakan sinyal kebisingan suara pada proses frais baja karbon / Muhammad Syamsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keausan pahat menggunakan sinyal kebisingan suara pada proses frais baja karbon / Muhammad Syamsul Arifin

Arifin, Muhammad Syamsul Arifin (2021) Analisis keausan pahat menggunakan sinyal kebisingan suara pada proses frais baja karbon / Muhammad Syamsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mesin Frais merupakan salah satu mesin yang banyak digunakan di dunia indrustri manufaktur untuk membuat sebuah produk yang diinginkan. Penentuan parameter yang digunakan pada proses frais dapat mempengaruhi tingkat keausan pahat yang dapat diidentifikasi melaluli sinyal suara. Sound signal merupakan proses pengukuran suara secara langsung untuk mendeteksi keausan pahat tanpa megganggu proses permesinan. Proses memonitoring keausan pahat dapat memberikan informasi proses pemotongan logam dalam pengukuran ini suara dari mesin akan sulit dibedakan dengan suara hasil pemotongan. Dalam mengatasi solusi yang terjadi selama permesinan salah satunya yaitu dengan mengukur suara pemotongan. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh parameter terhadap suara pemesinan dan keausan pahat yang akan dianalisis menggunakan metode ANOVA. Parameter yang akan digunakan meliputi spindle speed 490 720 1100 rpm dan feed rate 30 50 100 mm/min. setelah menentukan set-up parameter tersebut maka dilakukan analisis untuk mengetahui berpengaruh atau tidak parameter yang digunakan. Dari hasil analisis ANOVA dapat diketahui parameter spindle speed terhadap suara pemesinan memiliki kontribusi sebesar 96 30% dan keausan pahat mempunyai kontribusi sebesar 94 68% sedangkan pengaruh dari parameter feed rate terhadap suara pemesinan kontribusinya 3 30 % dan keausan pahat memiliki kontribusi sebesar 4 29%. Suara akan mengalami peningkatan apabila spindle speed dinaikan hal ini berbanding lurus dengan keausan yang meningkat apabila spindle speed semakin tinggi. Pengaruh dari feed rate terhadap keausan pahat akan meningkat seiring dengan meningkatnya parameter namun kontribusi pengaruh yang diberikan feed rate tidak sebesar pengaruh dari spindle speed.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/196231

Actions (login required)

View Item View Item