Pengaruh Penggunaan media grafis dalam pembelajaran fisika materi kinematika gerak lurus terhadap prestasi belajar fisika di MA Al Anwar Paculgowang Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2003/2004 oleh Bambang Puguh Heriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penggunaan media grafis dalam pembelajaran fisika materi kinematika gerak lurus terhadap prestasi belajar fisika di MA Al Anwar Paculgowang Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2003/2004 oleh Bambang Puguh Heriyanto

Bambang Puguh (2010) Pengaruh Penggunaan media grafis dalam pembelajaran fisika materi kinematika gerak lurus terhadap prestasi belajar fisika di MA Al Anwar Paculgowang Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2003/2004 oleh Bambang Puguh Heriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses belajar mengajar penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang sangatpenting dan mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dengan kualitas seorang guru yang dapat menjalankan sebuah media pembelajaran yang baik maka kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer program 3D Studio Max yang dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada pembelajaran Animasi 3 Dimensi Kelas X Jurusan Animasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Malang. Kegiatan pengembangan meliputi analisis kebutuhan analisis tujuan perumusan tujuan dan pengembangan materi pengembangan alat evaluasi menyusun naskah produksi menyusun petunjuk pemanfaatan komentar ahli media dan ahli materi uji coba dan revisi. Subyek uji coba pengembangan ini menggunakan siswa kelas X Jurusan Animasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan perbandingan pre-test dan post test. Media Pembelajaran Dasar-Dasar Animasi Grafis 3 Dimensi berbasis komputer interaktif yang sudah dibuat telah melalui proses penyempurnaan berdasarkan masukan saran dari ahli media dan ahli materi kemudian juga telah diuji cobakan kepada 10 siswa kelas X jurusan Animasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Malang dengan hasil terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pre-test sebelum menggunakan media pembelajaran dengan hasil post test yang meningkat sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas produk pengembangan ini dapat digunakan sebagai masukan untuk lebih mewadahi dan memberikan wahana yang lebih luas kepada para guru instruktur dan mahasiswa Jurusan Seni dan Desain untuk menunjukkan kinerja dan kapasitasnya dalam memanfaatkan dan menghasilkan produk media tayangan lainnya secara lebih bervariasi kreatif dan inovatif. Saran yang diajukan hendaknya produk media tayangan yang dihasilkan ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan pada hal-hal yang berkenaan dengan nilai keandalan dan konstribusi media terhadap pembelajaran dan pelatihan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19579

Actions (login required)

View Item View Item