Nirmala, Lita Novi (2020) Pengembangan media interaktif fisika berbasis strategi PQ4R-TPS pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor / Lita Novi Nirmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fisika adalah salah satu pelajaran yang memiliki kualitas hasil belajar siswa yang rendah disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya proses pembelajaran fisika yang berlangsung masih beriorientasi pada buku teks materi yang ada di dalam buku pelajaran fisika yang masih sukar untuk di ikuti serta kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru bisa berupa media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan sebuah media yang menggabungkan gambar suara maupun animasi menjadi satu kesatuan dalam proses pembelajaran. Selain media pembelajaran yang harus diperhatikan juga yaitu strategi pembelajaran yang digunakan. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa yaitu strategi pembelajaran PQ4R-TPS. Kedua strategi ini memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan siswa dan keterampilan berpikir siswa. Dengan adanya media pembelajaran interaktif fisika berbasis strategi PQ4R-TPS pada materi suhu kalor dan perpindahan kalor ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan dan memudahkan siswa dalam memahami konsep prinsip dan hukum fisika serta penerapan teknologi sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media interaktif fisika berbasis strategi PQ4R-TPS pada materi suhu kalor dan perpindahan kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen lembar validasi ahli media dan materi serta lembar angket atau kuesioner siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Data penilaian yang diperoleh dari validator dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dijadikan sebagai acuan untuk merevisi produk sehingga menghasilkan produk yang layak. Sebelum media digunakan untuk uji pemakaian produk maka perlu dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi yaitu oleh dosen dan guru fisika. Penilaian pada lembar validasi dengan menggunakan skala Likert dengan interval skor 1 sampai 5 sedangkan pada lembar angket atau kuesioner siswa menggunakan skala Guttman dengan jawaban ldquo Ya rdquo atau ldquo Tidak rdquo . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif fisika berbasis strategi PQ4R-TPS pada materi suhu kalor dan perpindahan kalor memperoleh persentase skor 88 3% dari hasil validasi oleh validator. Dan media interaktif fisika yang telah dikembangkan tersebut dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Selain itu media interaktif fisika yang dikembangkan juga mendapat respon positif dari siswa dengan memperoleh persentase sebesar 97% dari hasil pengisian angket atau kuesioner oleh siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/195745 |
Actions (login required)
View Item |