Analisis kesalahan siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan newman / Muhammad Ilham Haekal - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan newman / Muhammad Ilham Haekal

Haekal, Muhammad Ilham (2020) Analisis kesalahan siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan newman / Muhammad Ilham Haekal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan berdasarkan tahapan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data diambil dari hasil angket gaya belajar hasil tes soal cerita materi perbandingan dan hasil wawancara kepada subjek. Subjek berjumlah 3 siswa yang dipilih berdasarkan kesalahan yang dilakukan siswa pada saat pengerjaan tes soal materi perbandingan dan memiliki skor gaya belajar visual tertinggi. Hasil penelitian adalah deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan yaitu sebagai berikut (1) Pada tahap membaca siswa tidak melakukan kesalahan. Hal tersebut diperkuat oleh bukti bahwa semua siswa mampu membaca soal serta menceritakan kembali makna soal. Sesuai dengan karakteristik siswa gaya belajar visual bahwa ia belajar melalui visual melalui modalitasnya pada kemampuan indra visual untuk mengeja dan mampu memvisualkan tiap kata yang ada dipikiran dengan baik (2) Pada tahap memahami siswa melakukan kesalahan contoh kesalahan yang terjadi dalam penelitian kali ini adalah siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya secara lengkap. Siswa bergaya belajar visual melakukan kesalahan di tahap memahami karena ketika siswa melakukan penyelesaian soal yang penyajiannya dengan gambar grafik siswa tersebut memahaminya melalui asosiasi visual dari grafik yang diberikan. Alhasil ketika siswa mengerjakan soal terjadi proses pemahaman yang tidak sesuai serta terdapat kerancuan cara menyerap informasi bagi siswa gaya belajar visual sehingga penulisan diketahui dan ditanya tidak sesuai dengan tahapan Newman. (3) Pada tahap transformasi siswa melakukan kesalahan contoh kesalahan yang terjadi dalam penelitian kali ini adalah tidak lengkapnya penulisan metode yang digunakan siswa untuk mengubah informasi pada soal menjadi operasi bilangan matematika dan siswa juga lupa terhadap materi yang akan diteskan. (4) Pada tahap keterampilan proses siswa gaya belajar visual melakukan kesalahan karena proses pemahaman soal yang keliru pemilihan metode dengan cara coba-coba mengoperasikan bilangan serta karena ia lupa dengan materi yang akan diteskan. Karakteristik siswa gaya belajar visual yang suka menjawab soal dengan singkat menjadikan siswa terburu-buru ketika sedang melakukan perhitungan dan kesalahan memilih metode mempengaruhi kebenaran siswa gaya belajar visual tersebut (5) Pada tahap penulisan jawaban akhir siswa melakukan kesalahan contoh kesalahan yang terjadi dalam penelitian kali ini adalah tidak lengkapnya dan tidak selarasnya penulisan jawaban siswa dengan maksud yang terdapat di soal. Siswa gaya belajar visual memiliki karakteristik suka menjawab soal dengan singkat sehingga ketika menuliskan jawaban siswa melakukan kesalahan berupa tidak lengkapnya jawaban sesuai dengan konteks permalasahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195697

Actions (login required)

View Item View Item