Pengembangan media pembelajaran vlog sejarah pada materi candi badut di kelas X TKJ 4 SMKN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Melindasari Juanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran vlog sejarah pada materi candi badut di kelas X TKJ 4 SMKN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Melindasari Juanda

Juanda, Melindasari (2020) Pengembangan media pembelajaran vlog sejarah pada materi candi badut di kelas X TKJ 4 SMKN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019 / Melindasari Juanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Juanda Melindasari. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Sejarah pada Materi Candi Badut untuk Kelas X TKJ 4 SMK N 10 Malang Tahun Ajaran 2018/ 2019. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanudidin Ismain M.Pd dan Drs. Ismail Lutfi M.A Kata Kunci media pembelajaran sejarah vlog sejarah candi badut Pada pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah Indonesia di SMK memiliki struktur kurikulum dan porsi yang sama seperti jenjang SMA. Namun setelah terjadi revisi kurikulum 2013 yang kedua kali pada tahun 2017 terjadi perubahan jam pembelajaran sejarah di SMK yakni mata pelejaran sejarah hanya diberikan di kelas X. Hal tersebut membuat guru tidak sempat untuk membuat media pembelajaran inovatif yang mengakibatkan guru hanya mampu ceramah di depan kelas untuk memaksimalkan penyampaian materi secara keseluruhan. Karena proses pembelajaran hanya berpusat ke guru yang merupakan sumber belajar satu-satunya peran peserta didik menjadi pasif dan mengakibatkan proses pembelajaran kurang maksimal. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran sejarah Indonesia peneliti memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah untuk memberikan media pembelajaran yang inovatif dan juga kekinian. Media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti adalah vlog sejarah. Vlog sejarah akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang sulit dipahami. Dalam hal ini vlog sejarah di unggah ke youtube untuk memudahkan peserta didik belajar mandiri karena vlog ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Vlog sejarah ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran inovatif karena merupakan gabungan dari gambar musik dan suara. Vlog sejarah ini dibuat sesuai dengan KD 3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan Indonesia (pemerintah budaya). Pada penelitian dan pengembangan produk ini peneliti menggunakan metode ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Dalam metode ADDIE ada 5 langkah dalam proses pengembangan produk ini yakni (1) analyze (analisis) (2) design (desain) (3) development (pengembangan) (4) implement (implementasi) (5) evaluate (evaluasi). Peneliti memilih metode tersebut dianggap cukup efektif dalam pengembangan produk media pembelajaran karena dalam metode tersebut perbaikan dapat dilakukan di setiap langkah untuk hasil produk yang lebih maksimal. Sebelum melakukan uji coba lapangan peneliti melakukan validasi materi dan media. Berdasarkan validasi oleh ahli materi peneliti mendapatkan skor 38 dari skor maksimal 40 dengan presentase 95%. Dan pada validasi media peneliti mendapatkan skor 59 dari skor maksimal 60 dengan presentase 98%. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan media dapat disimpulkan bahwa media vlog sejarah pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori layak. Pada saat uji coba lapangan peneliti mendapatkan skor 1597 dari skor maksimal 1974 dengan presentase 80%. Berdasarkan hasil tersebut produk yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori efektif digunakan untuk media pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/195209

Actions (login required)

View Item View Item