Titi (2010) Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitad dan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada matapelajaran fisika / Titi Rahmatiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang ditemukan dalam pembelajaran fisika siswa masih terlihat kurang aktif dan cenderung bersikap individual sehingga kerja sama antar siswa masih kurang. Nampak pula adanya siswa yang bersifat tertutup dan malu bertanya kepada guru mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti. Hal itu mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan dalam memahami materi menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa SMA Laboratorium UM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS. Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus masing-masing siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah siswa perempuan 20 dan jumlah siswa laki-laki 6 orang. Instrumen dalam penelitian berupa tes evaluasi untuk mengetahui prestasi belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XIIPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa 49 81 %. Pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 71 53 %. Penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI-IPA 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pada siklus I persentase prestasi belajar siswa adalah 46 15 %. Pada siklus II persentase prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 80 76 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/19483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |