Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi untuk kelas VIII semester II di SMPN 1 Gondanglegi / Naning Mauladana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi untuk kelas VIII semester II di SMPN 1 Gondanglegi / Naning Mauladana

Naning (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema energi untuk kelas VIII semester II di SMPN 1 Gondanglegi / Naning Mauladana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peraturan pemerintah dengan tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Namun pembelajaran IPA di SMP/MTs di beberapa daerah di kabupaten dan kota Malang belum dilaksanakan secara terpadu. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar/paket IPA Terpadu untuk membantu pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan paket IPA terpadu tema energi berbasis konstruktivisme untuk siswa kelas VIII SMP/MTs semester II dan mendeskripsikan kelayakan paket IPA terpadu tema energi berbasis konstruktivisme untuk siswa kelas VIII SMP/MTs semester II. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilaksanakan melalui lima langkah penelitian pengembangan sebagaimana saran Gall dan Borg dalam Handayanto (2008). Kelima langkah tersebut adalah (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji lapangan (5) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kelayakan Paket untuk Siswa dan Panduan Paket untuk Guru yang diisi oleh evaluator. Evaluator terdiri dari dua dosen IPA dan dua guru IPA SMP. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata skala Likert dan persentase sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari evaluator. Paket IPA Terpadu yang dikembangkan didasarkan pada prinsip konstruktivisme dan memiliki tema energi. Paket IPA Terpadu Tema Energi menyajikan materi fisika kimia dan biologi secara terpadu. Hasil penilaian dari evaluator menunjukkan bahwa Paket untuk Siswa yang disusun memenuhi kriteria layak dengan persentase rerata 85 78% dan nilai rerata 3.43. Sedangkan untuk Paket untuk Guru memenuhi kriteria cukup layak dengan persentase rerata 79.34% dan nilai rerata 3.15. Saran yang terkait dengan hasil pengembangan paket ini adalah disarankan melakukan penelitian lebih lanjut terhadap Paket IPA Terpadu ini dengan melakukan uji lapangan agar dapat diketahui efektivitasnya dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII SMP/MTs di sekolah-sekolah baik yang ada di kabupaten maupun di kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item