Diaur (2010) Pengembangan modul pembelajaran fisika untuk biologi dengan tema torka (momen gaya), pusatgravitasi, dan keseimbangan pada perkuliahan mahasiswa biologi / Diaur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahman D. 2009. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Untuk Biologi tema Torka (Momen gaya) pusat gravitasi dan keseimbangan pada perkuliahan Mahasiswa Biologi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Endang Purwaningsih M.Si. (II) Drs. Sumardji Adikusuma M.Si. Kata Kunci Modul Pembelajaran Fisika untuk Biologi. Menyediakan bahan ajar sebagai rujukan belajar untuk guru atau dosen maupun mahasiswa (siswa) merupakan langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam menigkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Bahan ajar merupakan salah satu sarana yang penting dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika untuk biologi dengan tema momen gaya pusat gravitasi dan keseimbangan untuk perkuliahan mahasiswa biologi yang menempuh fisika dasar pada semester gasal. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini meng-ikuti langkah-langkah penelitian pengembangan yang telah dimodifikasi terdiri dari (1) studi pendahuluan (2) penyusunan draft modul yang me-liputi pengembangan rancangan modul pembelajaran pengembangan isi pembelajaran dan tahap penulisan modul (3) pengembangan modul. Instru-men penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh evaluator. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diper-oleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator. Modul pembelajaran yang dikembangkan lebih menekankan pada penerapran konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari terutama yang terkait dengan bidang biologi. Pembelajaran tersebut diharapkan dapat memotivasi mahasiswa dalam mempelajari fisika. Berdasarkan hasil uji validitas modul pembelajaran memperoleh skor 3 12 yang bernilai cukup layak/cukup valid. Kelebihan dalam bahan ajar yang dikembangkan adalah (1) disesuaikan dengan men-gacu pada kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa seperti pada katalog jurusan biologi (2) penyusunannya disesuaikan dengan para-digma pembelajaran kontekstual (3) mahasiswa dapat melihat hubungan yang bermakna antara materi fisika dan biologi (4) beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus sehingga terjadi efisiensi waktu Selain memiliki ke-lebihan sedangkan kekurangan pada baan ajar ini adalah (1) belum dilaku-kan validitas empirik (uji coba lapangan) sehingga belum diketahuai tingkat efisiensi waktu setelah modul pembelajaran ini (2) modul pembelajaran hasil pengembangan merupakan penerapan konsep fisika sehingga mahasiswa di-tuntut untuk berwawasan luas dan memiliki pemahaman yang lebih (3) modul pembelajaran yang dihasilkan disertai gambar-gambar berwarna untuk menarik perhatian mahasiswa (4) penerapan penekanannya masih sebatas pada fisika tubuh manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/19475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |