Pengembangan modul estimasi biaya konstruksi dengan akses penjelasan materi pada video youtube menggunakan quick response code / Juli Nanda Mevia Eka Suci - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul estimasi biaya konstruksi dengan akses penjelasan materi pada video youtube menggunakan quick response code / Juli Nanda Mevia Eka Suci

Suci, Juli Nanda Mevia Eka Suci (2021) Pengembangan modul estimasi biaya konstruksi dengan akses penjelasan materi pada video youtube menggunakan quick response code / Juli Nanda Mevia Eka Suci. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan di kelas khususnya kurikulum 2013 revisi 2017 yaitu tuntutan peserta didik untuk lebih aktif dan dapat belajar secara mandiri serta kebebasan dalam menentukan hal-hal yang terkait dengan proses pembelajaran (waktu tempat sumber dan media). Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peserta didik memerlukan media belajar yang menarik praktis dan mudah dipahami. Sebagai generasi milineal yang identic dengan keinginan yang serba cepat mereka selalu memanfaatkan teknologi pada saat belajar. Maka dari itu diperlukan media belajar yang memfasilitasi hal-hal tersebut agar peserta didik memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan modul Estimasi Biaya Konstruksi untuk kelas XI SMK program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Penelitian dilakukan menggunakan metode R amp D yang dikembangkan oleh Hannafin dan Peck dengan 3 tahap pengembangan yaitu analisis kebutuhan desain serta pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Wonogiri dengan jumlah 36 siswa. Validator ahli media merupakan satu dosen Jurusan Teknik Sipil dari Universitas Negeri Malang. Validator ahli materi seorang guru Estimasi Biaya Konstruksi dari SMK N 2 Wonogiri. Penelitian menghasilkan produk modul dengan format file .pdf yang berisi (1) sampul depan (2) kata pengantar (3) daftar isi (4) pendahuluan (5) kegiatan belajar dengan penjelasan tujuan materi serta QR Code dan URL menuju video penjelasan materi (6) daftar rujukan (7) kunci jawaban dan (8) sampul belakang. Hasil uji kelayakan dari validator ahli media mendapat persentase 86% dengan interpretasi sangat valid validator ahli materi mendapat persentase 75% dengan interpretasi cukup valid dan respon peserta didik mendapatkan persentase 81% dengan interpretasi sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dari segi media modul dapat digunakan tanpa revisi dari segi materi modul dapat digunakan namun dengan revisi serta menurut penilaian peserta didik sebagai media belajar modul dinilai sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194650

Actions (login required)

View Item View Item