Kemampuan mahasiswa pendidikan fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study tahun ajaran 2008/2009 dalam merencanakan proses belajar siswa / Fadilah Nurul - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan mahasiswa pendidikan fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study tahun ajaran 2008/2009 dalam merencanakan proses belajar siswa / Fadilah Nurul

Nurul (2009) Kemampuan mahasiswa pendidikan fisika FMIPA UM peserta PPL berbasis lesson study tahun ajaran 2008/2009 dalam merencanakan proses belajar siswa / Fadilah Nurul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di kelas cenderung masih terfokus pada hasil belajar dibandingkan dengan proses belajar. Hal ini tampak pada observasi awal yang dilakukan terhadap beberapa guru mata pelajaran Fisika dan kelompok Mahasiswa Pendidikan Fisika. Proses belajar merupakan komponen penting dalam suatu pendidikan. Jika proses belajar berjalan dengan baik maka hasil belajarnya akan mengikuti baik pula. Mahasiswa sebagai calon pendidik seyogyanya memiliki kemampuan untuk merencanakan proses belajar dengan benar. Oleh sebab itu penelitian ini perlu untuk dilakukan untuk memotret keefektifan Lesson Study dalam meningkatkan keterampilan Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL sebagai calon guru khususnya dalam merencanakan proses belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yaitu penelitian yang data-datanya telah ada dan terjadi tanpa dimanipulasi oleh peneliti kemudian data-data tersebut dianalisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. data dari angket dan penilaian produk (RPP) diskor kemudian di-analisis dan dilaporkan dalam bentuk narasi deskriptif. Panduan penilaian terdiri dari butir-butir Kemampuan Merencanakan Proses Belajar. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling tetapi menggunakan teknik sensus Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika peserta PPL berbasis Lesson Study dalam Merencanakan Proses Belajar Siswa dirinci dalam tiga sub variabel variabel yakni (1) Kemampuan Prosedural Merencanakan Proses Belajar Siswa (2) Sebaran Rencana Proses Belajar Siswa Dilihat dari Teori Belajar serta (3) Kualitas Proses Belajar Siswa Dilihat dari Sebaran Domainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Fisika (KMPF) peserta PPL Berbasis lesson Study adalah cukup baik dengan skor 54.5. Kemampuan Prosedural Merencanakan Proses Belajar Siswa cukup baik tetapi Kemampuan Prosedural menyusun Indikator Proses Belajar sangat kurang. Sebaran Rencana Proses Belajar Siswa Dilihat dari Teori Belajar cukup baik. Kualitas Proses Belajar Siswa Dilihat dari Sebaran Domainnya dalam kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item