Efektivitas pemanfaatan google classroom oleh siswa dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi ips di sma negeri 6 malang / EZA ALDINO AREMA PUTRA - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemanfaatan google classroom oleh siswa dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi ips di sma negeri 6 malang / EZA ALDINO AREMA PUTRA

Putra, Eza Aldino Arema Putra (2021) Efektivitas pemanfaatan google classroom oleh siswa dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas xi ips di sma negeri 6 malang / EZA ALDINO AREMA PUTRA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman pendidikan menjadi salah satu bagian penting dari proses pembangunan bangsa. Pendidikan merupakan proses interaksi belajar mengajar yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri dan utuh. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pemanfaatan media pembelajaran google classroom minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Malang. Untuk mendapatkan data hasil penelitian peneliti menggunakan jenis instrumen berupa angket dan nilai raport siswa. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat pemanfaatan media pembelajaran Google Classroom (X1) minat belajar siswa (X2). Sedangkan nilai raport siswa digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa (Y). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil (1) Tingkat Tingkat pemanfaatan media pembelajaran google classroom (t hitung 3.294 gt t tabel 1.98472 H0 ditolak) terdapat pengaruh positif signifikan tingkat pemanfaatan media google classroom terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 3.294 dengan kontribusi sebesar 12 1275% (2) Minat belajar siswa (t hitung 3.467 gt t tabel 1.98472 H0 ditolak) terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 3.467 dengan kontribusi sebesar 50 5108 (3) Tingkat pemanfaatan media google classroom minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi (F hitung 43.621 gt F tabel 3.17 H0 ditolak) terdapat pengaruh positif signifikan secara simultan tingkat pemanfaatan media pembelajaran google classroom minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi secara konstan dengan kontribusi sebesar 62 7%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat pemanfaatan media pembelajaran Google Classroom minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 6 Malang. Di dalam penelitian ini penulis memberikan saran agar siswa lebih bisa meningkatkan intensitas tingkat pemanfaatan fasilitas media pembelajaran seperti media google classroom dan meningkatkan minatnya didalam belajar guna mendapatkan hasil belajar yang maksimal terutama didalam mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194437

Actions (login required)

View Item View Item