Pengaruh smartphone addiction terhadap self regulated learning pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Nawang Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh smartphone addiction terhadap self regulated learning pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Nawang Wulan

Wulan, Dyah Ayu Nawang (2020) Pengaruh smartphone addiction terhadap self regulated learning pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang / Dyah Ayu Nawang Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran pada perguruan tinggi mengkondisikan mahasiswa untuk menumbuhkan kemampuan self-regulated learning. Self-regulated learning merupakan suatu keadaan dimana individu yang belajar sebagai pengendali aktivitas belajarnya sendiri memonitor motivasi dan tujuan akademik mengelola sumber daya manusia dan benda serta menjadi perilaku dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan proses belajar. Disamping pemanfaatan teknologi smartphone pada kegiatan pembelajaran saat ini banyak menimbulkan efek buruk sehingga dapat menjadi salah satu indikator yang berdampak pada kemampuan self-regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh smartphone addiction terhadap self-regulated learning pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2019. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 183 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik pengujian terhadap hipotesis regresi linier sederhana dengan program statistik SPSS Versi 24. Berdasarkan analisa data yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan uji t sebesar sebesar -3 647 dengan nilai signifikansi ( rho ) sebesar 0 000 ( rho lt 0 05) yang berarti terdapat pengaruh negatif smartphone addiction terhadap self-regulated learning. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi 44 253 (- 1 037) X persamaan ini diartikan ketika variabel smartphone addiction meningkat satu satuan maka variabel self-regulated learning dapat diprediksi menurun sebesar 1 037. Koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0 207 hal ini berarti kontribusi pengaruh variabel smartphone addiction terhadap self-regulated learning sebesar 20 7%. Sedangkan sisanya sebesar 79 3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194417

Actions (login required)

View Item View Item