Penerapan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada kelas XI APK 2 Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan di SMK PGRI 2 Malang)/ Della Mutia Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada kelas XI APK 2 Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan di SMK PGRI 2 Malang)/ Della Mutia Maharani

Maharani, Della Mutia (2020) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (Studi pada kelas XI APK 2 Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan di SMK PGRI 2 Malang)/ Della Mutia Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani D.M. 2019. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Number Head Together dan Take and Give Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas XI APK 2 Mata Pelajaran Adiminstrasi Humas dan Keprotokolan di SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. I. Nyoman Suputra. Kata kunci Model Number Head Together Model Take and Give Keaktifan Belajar Hasil Belajar. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan yaitu masih lemahnya proses pembelajaran dimana siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan proses belajar mengajar guru kurang melibatkan siswa dan cenderung menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat konvensional sehingga proses pembelajaran hanya berlangsung satu arah dimana guru menjadi pusat pembelajaran. Selain itu masih banyak guru yang menganggap bahwa penggunaan strategi pembelajaran secara konvensional atau ceramah lebih mudah diterapkan pada siswa baik dari segi penyampaian materi pengelolaan kelas dan alokasi waktu yang digunakan. Sehingga peneliti memberikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap penerapan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Malang dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI APK 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus dengan 4 tahap yaitu (1) tahap perencanaan (planning) (2) tahap pelaksanaan (acting) (3) tahap pengamatan (observation) dan (4) tahap refleksi (reflection). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yang bertindak sebagai guru model bersama dengan observer makahasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa telah mengalami peningkatan selama proses pembelajaran pada siklus II dibandingkan dengan siklus I dimana pada siklus I beberapa siswa masih terlihat pasif dan kurang antusias. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian penerapan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Take and Give terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI APK 2 pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194339

Actions (login required)

View Item View Item