Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X BDP di SMK PGRI 2 Malang) / Nia Dianita Harfianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X BDP di SMK PGRI 2 Malang) / Nia Dianita Harfianti

Harfianti, Nia Dianita (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran komunikasi bisnis (studi pada kelas X BDP di SMK PGRI 2 Malang) / Nia Dianita Harfianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk sumber belajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan berbasis Problem Based Learning (berbasis masalah) pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Interview. (2) Mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning berdasarkan validasi dari validator ahli penilaian dan ahli materi. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning berdasarkan respon siswa setelah menggunakan LKPD. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan langkah-langkah pengggunaan R amp D (Research and Development) dengan modifikasi model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Subjek uji coba dari penelitian pengembangan ini adalah dari ahli materi ahli penilaian serta siswa kelas X BDP sebanyak 15 siswa untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian dari uji validasi dan uji coba terbatas pada penelitian dan pengembangan yaitu persentase uji validasi ahli penilaian sebesar 89 33% dengan kriteria ldquo sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi rdquo uji validasi ahli materi sebesar 89% dengan kriteria ldquo sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi rdquo hasil uji coba terbatas sebesar 79 17 dengan kriteria ldquo cukup menarik rdquo . Dari hasil ketiga uji validasi tersebut diperoleh rata-rata sebesar 85 83% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis kelas X BDP ldquo sangat layak dan dapat digunakan rdquo sebagai media/sumber belajar siswa di SMK PGRI 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194307

Actions (login required)

View Item View Item