Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Malang / Farida Sulviana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Malang / Farida Sulviana Dewi

Dewi, Farida Sulviana (2020) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem respirasi dan ekskresi kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Malang / Farida Sulviana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem respirasi dan ekskresi melalui implementasi inkuiri terbimbing. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 3 tahapan (perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi). Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2019/2020. Hasil wawancara dengan guru biologi kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Malang menunjukkan tidak semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar kognitif siswa tergolong rendah yaitu 25 71% untuk KD 3.6 dan 28 57% untuk KD 3.7. Berdasarkan analisis kebutuhan menggunakan angket menunjukkan keterampilan proses sains siswa masih rendah yaitu 30% siswa aktif bertanya 38% siswa dapat membuat hipotesis 33% siswa mampu menghubungkan hasil pengamatan dengan studi literatur 28% siswa mampu merancang dan merencanakan penyelidikan serta 42% siswa aktif menyampaikan pendapat. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan keterampilan proses sains dari siklus I ke siklus II. Persentase ketercapaian keterampilan proses sains pada siklus I sebesar 70 71% dan meningkat menjadi 87 59% pada siklus II. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 68 57% menjadi 88 57% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194241

Actions (login required)

View Item View Item