Pengembangan e-modul berbasis stem-pjbl materi alat-alat optik yang dilengkapi video tutorial dan soal hots sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa / Yusnia Tri Siwi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis stem-pjbl materi alat-alat optik yang dilengkapi video tutorial dan soal hots sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa / Yusnia Tri Siwi Utami

Utami, Yusnia Tri Siwi Utami (2021) Pengembangan e-modul berbasis stem-pjbl materi alat-alat optik yang dilengkapi video tutorial dan soal hots sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa / Yusnia Tri Siwi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alat-alat optik merupakan salah satu materi fisika SMA yang penting. Materi ini berkaitan dengan penerapan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa. Namun hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan HOTs dan pemecahan masalah materi alat-alat optik siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu perlu dikembangkan inovasi bahan ajar salah satunya E-Modul berbasis STEM-PjBL yang dilengkapi video tutorial dan soal HOTs. Penelitian ini merupakan penelitian RnD dengan model pengembangan 4D yakni Define (pendefinisian) Design (perancangan) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan) tetapi penyebarluasan tidak dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan E-Modul berbasis STEM-PjBL materi alat-alat optik yang dilengkapi video tutorial dan soal HOTs sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek uji coba penelitian adalah dosen dan guru Fisika sebagai ahli materi dan media serta siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 1 Pakel sebagai calon pengguna. Teknik pengumpulan data melalui angket. Jenis datanya adalah kuantitatif berupa hasil penilaian oleh ahli materi/media dan siswa serta kualitatif berupa saran dan komentar. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi E-Modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 91 35% yang berarti produk sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh 24 siswa SMAN 1 Pakel diperoleh persentase rata-rata sebesar 97 84% yang berarti produk praktis. Kelebihan E-Modul ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa karena telah disusun berdasarkan sintaks STEM-PjBL serta telah memuat video tutorial dan latihan Soal HOTs. Respon siswa menunjukkan E-Modul menarik penjelasan singkat dan mudah dipahami serta dapat memotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194126

Actions (login required)

View Item View Item