Pengembangan perangkat pembelajaran guided inquiry berbantuan edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi suhu dan kalor / Ayu Nurmauluta Via - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran guided inquiry berbantuan edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi suhu dan kalor / Ayu Nurmauluta Via

Via, Ayu Nurmauluta (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran guided inquiry berbantuan edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi suhu dan kalor / Ayu Nurmauluta Via. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 merupakan masa reformasi yang ditandai dengan munculnya persaiangan antar bangsa disegala bidang. Persaingan abad 21 ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan yang lebih baik dan juga menguasai sekaligus mengembangkan teknologi. Pemahaman konsep merupakan salah satu indikator tercapainya pengetahuan siswa yang lebih baik. Maka dari itu peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran Guided Inquiry berbantuan edmodo untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan kelayakan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi LKPD RPP dan soal pretest posttest. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Brog and Gall yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata menjadi tiga tahap yaitu kajian awal yang dilakukan dengan mengkaji kepustakaan dan survey lapangan. Kemudian tahap pengembangan dengan mengembangkan produk berupa LKPD RPP dan soal pretest posttest serta melakukan uji validasi dan diperoleh hasil rata-rata validasi LKPD sebesar 3 76 dengan kategori sangat valid dan validasi RPP memperoleh nilai 3 7 dengan kategori sangat valid. Setelah itu dilakukan tahap uji coba produk untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk. Kepraktisan produk diukur dari tingkat keterlaksanaan dan juga kendala dari penilaian observer ketika menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan didapatkan hasil sebesar 82 5% dengan kategori sangat baik. Selain itu berdasarkan hasil respon peserta didik juga menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 3 1. Maka dapat disimpulkan produk yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori layak dan praktis. Pemahaman konsep diukur dengan instrument tes berupa 12 soal uraian. Soal-soal tersebut disusun berdasarkan 4 indikator Taksonomi Bloom. Kemudian dilakukan uji N-Gain terhadap hasil nilai pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dan juga menguji keefektifan produk yang dikembangkan. Berdasarkan uji N-Gain yang telah dilakukan diperoleh hasil sebesar 0.4 dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga Produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis layak dan efektif untuk diimplementasikan. Dengan dikembangkan perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik sebagai bahan persiapan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194112

Actions (login required)

View Item View Item